7 Orang Tewas Usai Kapal Ferry Terbakar di Filipina
pixabay.com/Ilustrasi/igorovsyannykov
Dunia

Dari foto-foto yang dibagikan oleh penjaga pantai, asap hitam tebal mengepul dari kapal yang berkapasitas 186 orang tersebut ketika si jago merah melahap seluruh kapal.

WowKeren - Sebuah insiden kebakaran melanda kapal ferry di Filipina pada Senin (23/5). Insiden ini menyebabkan tujuh orang tewas dan puluhan lainnya diselamatkan.

Penjaga pantai dan saksi mata mengatakan jika saat kebakaran terjadi, penumpang yang panik terpaksa terjun ke laut. Kebakaran itu terjadi di Mercraft 2 sekitar pukul 06:30 waktu setempat ketika kapal membawa 134 penumpang dan awaknya.

Kapal itu bertolak dari Pulau Polillo ke Real di provinsi Quezon di pulau utama Luzon. juru bicara Penjaga Pantai Filipina Komodor Armando Balilo mengatakan jika selain tujuh korban yang tewas, 120 orang telah berhasil diselamatkan. Sedangkan tujuh lainnya masih dalam pencarian.

Dari foto-foto yang dibagikan oleh penjaga pantai, asap hitam tebal mengepul dari kapal yang berkapasitas 186 orang tersebut ketika si jago merah melahap seluruh kapal. Orang-orang dengan cincin pelampung dan pelampung berada di dalam air. Beberapa diselamatkan oleh ferry lain atau naik ke perahu karet.



Balilo menduga api berasal dari ruang mesin. Kapten Brunette Azagra, yang kapal penumpangnya berada 500 meter dari Mercraft saat kebakaran terjadi, mengatakan kondisi laut saat itu cukup baik.

"Kami berhasil menyelamatkan 40 orang yang selamat. Kami memiliki dua korban jiwa," katanya. "Mereka beruntung karena kami juga datang dari Polillo. Mereka menyusul kami, tapi kami memang dekat."

Menurut penjaga pantai, setidaknya ada 23 orang yang terluka. Sedangkan petugas bencana kota Real Ricky Poblete mengatakan kapal itu berjarak sekitar tujuh kilometer. Terkait tujuh orang yang tewas itu, dia mengatakan mereka telah tenggelam.

Kembali ke Balilo, kapal ferry itu sudah ditarik ke pantai. Sementara itu, Filipina yang merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 7.000 pulau sendiri masih memiliki kendala dengan transportasi laut yang buruk.

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts