Reaksi Dubes Inggris Usai Dipanggil dan Diprotes Kemlu RI Soal Pengibaran Bendera LGBT
Nasional

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, memenuhi panggilan Kementerian Luar Negeri RI untuk mengklarifikasi aksi pengibaran bendera LGBT beberapa waktu lalu itu.

WowKeren - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah memanggil perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Jakarta. Adapun pemanggilan tersebut berkaitan dengan aksi Kedubes Inggris yang mengibarkan bendera LGBT.

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, lantas memenuhi panggilan Kemlu RI untuk mengklarifikasi aksi pengibaran bendera LGBT beberapa waktu lalu itu. Kemlu RI sendiri menyampaikan kekecewaannya atas aksi pengibaran bendera pelangi tersebut.

"Pada tanggal 23 Mei 2022, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, untuk menyampaikan keprihatinan dan kekecewaan atas pengibaran bendera LGBT+ di Kedutaan Inggris minggu lalu," demikian keterangan Kemlu RI dilansir detikcom, Selasa (24/5).

Aksi pengibaran bendera LGBT di lingkungan Kedubes Inggris tersebut dinilai Kemlu RI tidak sensitif. Semua kedutaan asing di Indonesia diminta Kemlu untuk menghormati nilai-nilai keagamaan, sosial, dan budaya Tanah Air. Menanggapi protes Kemlu RI, Dubes Inggris disebut telah mencatat hal itu.


"Menanggapi hal ini, Duta Besar Inggris mencatat kekecewaan dan protes Pemerintah Indonesia dan akan menyampaikannya kepada Pemerintah Inggris di London," lanjut pihak Kemlu RI.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menilai aksi Kedubes Inggris tersebut telah menciptakan polemik di tengah masyarakat Indonesia. Ia mengingatkan perwakilan asing agar menjaga dan menghormati sensitivitas nilai budaya, agama dan kepercayaan yang berlaku di Indonesia.

"Tindakan tersebut, disertai mempublikasikannya melalui akun resmi sosial media Kedubes Inggris (Instagram @ukinindonesia), sangatlah tidak sensitif dan menciptakan polemik di tengah masyarakat Indonesia," tutur Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (21/5).

Diketahui, bendera pelangi tersebut dikibarkan Kedubes Inggris di Hari Internasional Melawan Homofobia, Bifobia, dan Transfobia (IDAHOBIT). Foto bendera LGBT di Kedubes Inggris kemudian diunggah ke akun Instagram resmi lembaga tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait