Formula E Jakarta Disebut Ikut Berpartisipasi Kurangi Emisi Karbon, Berikut Cara yang Dilakukan
Nasional
Formula E 2022

Formula E Jakarta disebut bukan hanya sebagai ajang balap internasional, melainkan juga ikut berpartisipasi dalam mengurangi emisi karbon di kota yang menggelar perhelatan tersebut.

WowKeren - Pada 4 Juni 2022 mendatang, DKI Jakarta akan menggelar ajang balap mobil listrik internasional Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Mengingat perhelatan bertaraf internasional itu tidak lama lagi akan berlangsung, pihak penyelenggara pun mematangkan segala persiapannya.

Melalui akun Instagram, @jakartaeprixofficial, disebutkan bahwa Formula E bukan hanya menggelar balapan, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam mengurangi karbon di kota yang menggelar ajang tersebut. Adapun cara Formula E dalam mengurangi emisi karbon pada saat Jakarta E-Prix berlangsung yakni melakukan pengiriman melewati jalanan, lautan, dan rel yang menjadi prioritas atas.

Sementara untuk pengiriman udara menjadi prioritas yang memungkinkan. Kemudian Formula E memiliki jadwal yang optimal dan hanya menggelar dalam waktu satu hari saja. Peralatan balap yang dikirimkan ke setiap kota yang menggelar Formula E hanya bagian penting untuk race.

Selanjutnya adalah pengiriman peralatan balap dan kendaraan Formula E menggunakan bahan bakar bio hanya untuk pengiriman darat, laut, serta udara. Sementara terkait dengan limbah saat event berlangsung, petugas kebersihan ditugaskan di area yang ramai oleh pejalan kaki untuk mengedukasi penonton dan meningkatkan kesadaran atas pentingnya daur ulang.

Selain itu, sebanyak 52 persen limbah akan didaur ulang secara global. Sedangkan untuk limbah plastik, dilakukan pengenalan stasiun hidrasi Allianz dan wadah air yang bisa digunakan kembali. Dalam musim kelima, menghemat lebih dari 300 ribu botol sekali pakai dan berukuran 300 ml dari musim kelima hingga ketujuh.



Di samping itu, juga menggunakan plastik sekali pakai saat acara dengan alasan memperkenalkan hal yang dapat digunakan kembali serta kemasan yang dapat terurai secara alami. Lalu katering untuk penggemar dan pegawai acara mencakup 30 persen vegetarian.

Makanan bersumber dari bahan lokal, termasuk juga makanan khas. Kemudian disajikan dengan kemasan yang bisa didaur ulang. Di tahun 2019 lalu, Formula E memperkenalkan vinil non PVC Revolusioner yang digunakan untuk pemasaran pada sisi trek.

Disebutkan bahwa Formula E menjadi anggota kelompok pendiri reklame yang dibuat bersama IOC untuk menghentikan limbah yang dibuang ke tempat pembuatan sampah. Lalu pihak penyedia sendiri kan meyakinkan solusi yang stabil untuk konstruksi, operasi dan konten lingkup penggemar khusus melalui pedoman acara yang stabil.

Lalu untuk transportasi, tidak ada parkir umum sepanjang event berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mendorong penggunaan transportasi umum. Nantinya, hanya karyawan balap yang bisa mengakses ke dalam trek.

Kemudian memprioritaskan layanan trek untuk balapan di Eropa. Sebagai informasi, Jakarta E-Prix atau Formula E merupakan salah satu acara yang termasuk ke dalam Hajatan Kota Jakarta ke-495.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts