Paspampres dan Polda Metro Jaya Cek Venue Formula E Jelang Pertandingan, Sinyal Jokowi Bakal Nonton?
Unsplash/Fabrizio Russo
Nasional
Formula E 2022

Di sisi lain, pihak penyelenggara telah menyiapkan beberapa skenario untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem selama balapan Formula E Jakarta berlangsung.

WowKeren - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengirimkan undangan kepada Presiden Joko Widodo untuk menghadiri ajang balap mobil listrik Formula E di Ancol pada 4 Juni 2022 mendatang. Sinyal kehadiran Jokowi pun tampak usai tim Polda Metro Jaya dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) melakukan pengecekan kondisi Sirkuit Formula E.

"Insya Allah hadir (Presiden Jokowi), dari Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini," ungkap Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Marsudiyanto, dilansir Antara, Senin (30/5). "Nanti akan disiapkan di sini VIP."

Menurut Marsudiyanto, Paspampres mengecek situasi di sekitar Sirkuit Formula E di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. "Keterlibatan dari TNI nanti untuk pengamanan presiden saja," katanya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo telah menyiapkan pengaturan lalu lintas untuk mendukung pengamanan presiden di lokasi Formula E. Sebanyak 1.700 personel disiapkan menjelang kedatangan Jokowi.

"Satu jam sebelum presiden hadir, nantinya kendaraan-kendaraan besar, terutama kontainer, akan kami hentikan sampai presiden selesai kegiatan, dari situ baru kita buka kembali, untuk sementara saja," paparnya.


Di sisi lain, pihak penyelenggara telah menyiapkan beberapa skenario untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem selama balapan Formula E berlangsung. Menurut Principle HSE Consultant FEO Richard Bates, semua orang akan dikeluarkan dari grandstand apabila terjadi cuaca ekstrem saat acara berlangsung.

"Jadi dari balapan, perspektif akan mengikuti event director. Tetapi untuk keamanan publik, jika ada cuaca ekstrem seperti (hujan), kita akan mengeluarkan semua orang dari grandstand," jelas Bates dilansir Kompas.com.

Menurut Event Director FEO Gemma Roura Serra, balapan akan dihentikan sementara jika terjadi hujan deras. Apabila hujan deras turun selama berhari-hari dan tidak biasa, maka balapan akan dihentikan hingga kondisi memungkinkan untuk dilanjutkan.

"Tapi kalau hujan yang terjadi semacam yang terjadi hari-hari ini yang tidak bisa melihat maka balapan berhenti. Tapi kalau hujannya biasa ya lanjut," katanya.

Adapun sirkuit Formula E sendiri disebut telah dilengkapi oleh sistem drainase yang membuat lintasan mengering dengan cepat. Oleh sebab itu, sirkuit Formula E bisa langsung dipakai kembali usai hujan deras.

"(Jika) melihat ada begitu banyak air maka demi alasan keselamatan balapan akan berhenti. Kalau tidak, ya tidak apa-apa," tukasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait