Jelang Perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth, Sejumlah Orang Ditangkap Selama Parade Militer
AFP/Henry Nicholls
Dunia

Setidaknya ada 2 orang yang berusaha mengganggu jalannya parade militer jelang perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth. Pihak kepolisian pun melaporkan telah melakukan sejumlah penangkapan.

WowKeren - Sedikitnya dua orang telah menyebabkan gangguan pada parade militer di London pada Kamis (2/6), yang menandai peluncuran perayaan untuk Platinum Jubilee Ratu Elizabeth. Dalam video rekaman di TV, tampak dua orang pengganggu tersebut berlari di depan tentara yang berbaris sebelum akhirnya ditangkap.

Dua pria itu berlari keluar dari balik penghalang tempat puluhan ribu orang berkumpul di bulevar Mall, yang mengarah ke Istana Buckingham. Mereka kemudian berbaring di depan marching band.

Salah satu dari mereka tampak memegang spanduk, sebelum polisi menyeret orang-orang itu. Sedangkan salah satu yang lain tampak mengenakan mahkota emas di kepalanya.

"Sejumlah penangkapan telah dilakukan terhadap orang-orang yang mencoba memasuki jalur upacara di The Mall. Penangkapan itu terkait ketertiban umum terkait dengan penyumbatan jalan raya," kata polisi di Twitter.

"Terima kasih kepada massa yang menunjukkan dukungannya dengan bertepuk tangan kepada petugas kami yang kembali ke posnya setelah menangani insiden dengan cepat," sambung keterangan tersebut.


Parade militer 'Trooping the Colour' yang penuh warna merupakan perayaan yang diadakan setiap tahun. Parade itu dilaksanakan untuk merayakan ulang tahun resmi ratu, melibatkan sekitar 1.500 tentara dan perwira.

Ratu Elizabeth pun biasa mengambil bagian dalam parade itu sendiri dengan menunggang kuda sampai tahun 1986. Lima tahun sebelumnya, seorang pria melepaskan enam tembakan kosong ke arah Ratu Elizabeth saat dia lewat Untugnya sang ratu berhasil mengendalikan kudanya yang terkejut dalam prosesnya. Dia tidak terluka dan pria itu ditangkap.

Perayaan Platinum Jubilee diselenggarakan untuk memperingati tujuh dekade sang ratu bertahta. Adapun acara itu akan berlangsung selama empat hari dari Kamis (2/6) hari ini hingga Minggu (5/6) mendatang.

Istana Buckingham mengatakan jadwal itu akan mencakup konser pada hari Sabtu dengan bintang hiburan terbesar di dunia. Lalu di hari terakhir, akan ada Platinum Jubilee Pageant di depan Istana Buckingham.

Sebagaimana diketahui, Ratu Elizabeth II adalah raja Inggris yang paling lama memerintah. Sudah lebih dari 70 tahun sejak dia naik takhta pada 6 Februari 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Dia berusia 96 pada 21 April.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru