Birthday Spotlight: Happy Yoona Day
Selebriti

Yoona kini dikenal sebagai penyanyi dan aktris. Setelah pelatihan selama lima tahun, ia memulai debutnya sebagai member Girls' Generation, yang kemudian menjadi salah satu artis terlaris di Korsel.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, penyanyi sekaligus aktris populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Yoona Girls' Generation.

Yoona kini dikenal sebagai penyanyi dan aktris. Setelah pelatihan selama lima tahun, ia memulai debutnya sebagai member girl grup Girls' Generation (dan kemudian subgrup Girls' Generation-Oh!GG) pada Agustus 2007, yang kemudian menjadi salah satu artis terlaris di Korea Selatan dan salah satu girl grup Korea Selatan paling populer di seluruh dunia.

Yoona merayakan ulang tahunnya yang ke-32 (33 tahun menurut perhitungan Korea) pada 30 Mei lalu. Ini menjadi tahun kedua pemilik nama lengkap Lim Yoona tersebut memasuki usia 30-an. Simak perjalanan karir Yoona mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Yoona lahir pada tanggal 30 Mei 1990 di Yeongdeungpo-gu, Seoul, Korea Selatan. Keluarga pelantun "All Night" tersebut terdiri dari ayahnya dan seorang kakak perempuan yang lima tahun lebih tua darinya.

Pada tahun 2002, Yoona direkrut melalui SM Saturday Open Casting Audition dan menghabiskan lima tahun melakukan pelatihan konstan dalam menyanyi, menari dan akting. Sebelum debut, Yoona diperkenalkan ke publik melalui berbagai penampilan di video musik dan iklan. Dia pertama kali muncul di video musik "Magic Castle" TVXQ pada Desember 2004, juga menjadi model video musik "U" Super Junior. Dia membuat debut resminya sebagai member Girls' Generation pada Agustus 2007, menjadi center grup.

2. Debut


Debut

Bersama member Girls' Generation lainnya, Yoona resmi debut dengan tampil di program musik "Inkigayo" pada 5 Agustus 2007 membawakan lagu debut "Into the New World". Lagu tersebut mendapat sambutan cukup hangat dari publik.

Pada November 2007, Girls' Generation melanjutkan kesuksesan mereka dengan merilis full album pertama bertajuk "Girls' Generation" dengan lagu utama berjudul sama yang merupakan remake dari lagu milik Lee Seung Cheol. Pada Maret 2008, album tersebut dirilis ulang dengan judul "Baby Baby".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Nama Girls' Generation langsung dikenal luas di kalangan publik usai mereka merilis mini album "Gee" pada 7 Januari 2009. Lagu utamanya yang juga berjudul "Gee" berhasil memuncaki chart musik tahunan serta mengantarkan mereka meraih 9 piala "Music Bank".

Girls' Generation merilis mini album kedua mereka yang bertajuk "Genie" pada Juni 2009 dengan lagu utama berjudul sama. Kesuksesan ini terus berlanjut dengan dirilisnya full album kedua bertajuk "Oh!" yang menelurkan lagu hits "Oh!". Di tahun yang sama, Girls' Generation bergabung dengan Nayutawave Records yang menandai dimulainya aktivitas mereka di Jepang.

Pada Oktober 2011, Girls' Generation merilis full album ketiga berjudul "The Boys". Karir mereka di Jepang juga tak kalah gemilang di mana Girls' Generation meraih penghargaan Album of the Year di ajang MTV Video Music Awards Japan 2012 serta mendapat sertifikasi dari RIAJ usai album Jepang "Girls' Generation" terjual 1 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Terlepas dari kegiatan Girls' Generation, Yoona telah berakting di beberapa drama televisi. Karir aktingnya dimulai pada 2007 dengan peran kecil dalam drama MBC "Two Outs in the Ninth Inning". Pada Mei 2008, Yoona mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama KBS "You Are My Destiny", memerankan karakter Jang Sae-byuk.

Sejak itu, Yoona membintangi banyak drama seperti "Cinderella Man", "Love Rain", "Prime Minister & I", "God of War, Zhao Yun", "The K2", "The King in Love", dan yang terbaru yang tayang tahun lalu, "Hush". Sedangkan beberapa film yang dibintanginya antara lain "Confidential Assignment", "EXIT", serta "Miracle: Letters to the President".

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/yoona__lim

Sepanjang hampir 15 tahun karirnya, Yoona tak pernah terlibat kontroversi. Penyanyi sekaligus aktris tersebut menjadi sosok yang dicintai publik hingga kini, dengan reputasi yang bersih serta karya yang terus bermunculan.

Namun, Yoona pernah dilanda gosip tak sedap yang menyebut ia memiliki hubungan dengan PSY, yang langsung dibantah olehnya. Paparazzi Tiongkok juga pernah mempublikasikan foto dan menulis bahwa Yoona dan Tae Yeon pergi ke kelab malam dan mabuk-mabukan, tapi wanita dalam foto bukanlah dirinya dan Tae Yeon.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/yoona__lim

Tahun ini, Yoona akan tampil di dua judul drama yaitu "Big Mouth" di mana ia beradu akting dengan Lee Jong Suk, serta "King the Land". Selain itu, ia juga membintangi "Confidential Assignment 2: International" yang belum diumumkan jadwal tayangnya.

Terkait aktivitas di bidang musik, Yoona bakal comeback sebagai idol bersama member Girls' Generation lainnya, yang diduga akan merilis album pada Agustus mendatang sekaligus untuk merayakan anniversary ke-15 grup tersebut. Kini para member tengah dalam proses persiapan comeback.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru