Pemerintah Pusat Disebut Kurang Dukung Formula E Jakarta, Jokowi Bilang Begini
BPMI Setpres
Nasional

Presiden Joko Widodo buka suara terkait pemerintah pusat yang dinilai minim dukungan terhadap penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Jokowi pun turut mengungkap sejumlah fakta.

WowKeren - Ajang balap Formula E Jakarta akhirnya berhasil digelar dengan sukses pada Sabtu (4/6) hari ini di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Sejumlah tokoh pemerintah hingga Presiden Joko Widodo pun turut tampak hadir untuk menyaksikan langsung ajang balap internasional tersebut.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo turut membantah anggapan tentang pemerintah pusat yang dinilai minim dalam mendukung penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Jokowi mengatakan berbagai kementerian/lembaga telah ikut mendukung Formula E sejak awal.

"Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan, kemudian juga izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan," jelas Jokowi saat ditemui Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu (4/6).

Jokowi menambahkan bahwa ajang balap Formula E Jakarta sejalan dengan rencana Indonesia membangun mobil listrik. Ia pun menyebut gelaran ini sebagai perhelatan masa depan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyatakan dukungan terhadap Formula E untuk digelar kembali di tahun-tahun berikutnya. "Semua yang baik untuk negara ini kita dukung," tegas Jokowi.


Diketahui bahwa sebelumnya, Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix, Ahmad Sahroni mengeluhkan dukungan yang minim dari pemerintah pusat. Syahroni juga menyinggung soal badan usaha milik negara (BUMN) yang juga tak menjadi sponsor pada ajang Formula E Jakarta.

"BUMN tidak berikan sponsor apapun. PLN untuk kelistrikan juga kami bayar full," kata Sahroni melalui akun Instagram @ahmadsahroni88, Kamis (2/6) lalu.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir enggan mengomentari hal tersebut. Secaara terpisah, anggota Komisi VI DPR fraksi Gerindra, Andre Rosiade membela Kementerian BUMN. Andre Rosiade menyebut bahwa kerja Kementerian BUMN tak hanya mengurusi Formula E.

"Tugas BUMN itu bukan hanya untuk mengurus Formula E, begitu banyak tugas BUMN lain. Selain untuk meningkatkan ekonomi bangsa, menyetor deviden negara, menyediakan lapangan kerja untuk rakyat, bukan hanya untuk Formula E," pungkasnya.

Terlepas dari sejumlah masalah dan kontroversi selama ini, pergelaran ajang balap Formula E Jakarta hari ini berjalan sukses. Mitch Evan keluar sebagai pemenang dalam race Formula E Jakarta perdana ini.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru