Triawan Munaf Bagikan Foto Candi Borobudur Sebelum Direkonstruksi: Hancur Lebur
Instagram/triawanmunaf
Selebriti

Harga tiket masuk Candi Borobudur belakangan ini menjadi perbincangan hangat publik. Alih-alih menanggapi tiket masuk, Triawan Munaf justru membagikan foto Candi Borobudur jaman dulu.

WowKeren - Belakangan ini, sedang heboh harga tiket Candi Borobudur yang naik menjadi Rp 750 ribu per orang. Harga ini khusus bagi wisatawan domestik, sedangkan pengunjung mancanegara dibanderol USD 100 yang setara Rp 1,4 juta.

Sebelumnya, harus dipahami bahwa harga tersebut berlaku bagi pengunjung yang ingin naik ke atas bangunan Candi Borobudur. Sementara pengunjung yang ingin berwisata di pelataran candi, tiketnya masih berlaku harga normal.

Alih-alih menanggapi harga tiket yang naik, Triawan Munaf justru membagikan sejarah dari Candi Borobudur. Melalui akun Instagram pribadi, Triawan mengungkapkan sulitnya merekonstruksi Candi Borobudur hingga seperti saat ini. Pasalnya, dulu Candi Borobudur sudah hancur lebur.

"Betapa tingginya tingkat kesulitan dan biaya yang dibutuhkan untuk merekonstruksi atau memugar Candi Borobudur yang sudah hancur lebur ini hingga menjadi monumen masa lalu kebanggaan kita semua," tulis Triawan Munaf, Rabu (8/6).


Triawan pun membagikan sejumlah foto masa lalu dari Candi Borobudur sebelum direkonstruksi. Ada beberapa foto yang memperlihatkan Candi Borobudur tampak hancur.

Ayah Sherina Munaf ini lantas meminta masyarakat untuk menjaga warisan budaya di Indonesia. "Ayo kita jaga. Cukup lihat dari kejauhan agar Borobudur tetap dekat di hati kita.." pungkas Triawan Munaf.

Para netizen pun langsung menyambut positif postingan Triawan Munaf. Mereka setuju dengan perkataan Triawan Munaf untuk menjaga warisan budaya Indonesia, termasuk Candi Borobudur.

"Setuju. Tidak perlu naik-naik ke candi agar terjaga kelestariannya. Cukup dari jauh sudah bisa menikmati," kata salah satu netter. "Setuju kami generasi muda patut di jaga dan di sucikan supaya anak cucu kami tau adanya candi yang luar biasa ini tetap kokoh," ucap netter lain.

(wk/dess)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel