Seorang Pria Diterkam Buaya di Sinka Zoo Singkawang Hingga Tangannya Putus, Ini Pengakuan Saksi Mata
Unsplash/Thomas Couillard
Nasional

Menurut Kapolsek Singkawang Selatan AKP Inayatun Nurhasanah, insiden itu terjadi pada Kamis (9/6) siang. Korban diketahui merupakan sopir yang membawa wisatawan ke Sinka Zoo.

WowKeren - Seorang pria diterkam buaya di Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat, hingga tangan kanannya putus. Insiden itu terjadi kala pria bernama Irham Husin tersebut hendak mencuci tangan di kolam yang rupanya tempat penangkaran buaya.

Menurut Kapolsek Singkawang Selatan AKP Inayatun Nurhasanah, insiden itu terjadi pada Kamis (9/6) siang. Korban diketahui merupakan sopir yang membawa wisatawan ke Sinka Zoo.

Kala itu, mobil yang dibawa korban mengalami ban bocor. Oleh sebab itu, korban turun untuk memeriksa dan mengganti ban sementara para penumpang tetap berada di dalam mobil.

Setelah selesai mengganti ban, korban mendatangi sebuah kolam untuk mencuci tangannya yang kotor. Pria berusia 43 tahun tersebut melompati pagar di sekeliling kolam yang ternyata merupakan tempat penangkaran buaya.

"Korban tidak menyangka bahwa kolam tersebut adalah kolam buaya. Pada saat korban berada di tepi kolam dan mencuci tangannya, tiba-tiba muncul ke permukaan seekor buaya yang langsung menarik tangan kanan korban dengan cara menggigitnya," papar Inayatun.

Setelah itu, korban disebut berusaha melepaskan gigitan buaya tersebut dan bahkan sempat jatuh masuk ke dalam kolam. Kuatnya gigitan buaya tersebut membuat tangan kanan korban terputus.

Pria berusia 43 tahun tersebut baru bisa melepaskan diri dari gigitan buaya tersebut ketika tangannya putus. Ia langsung berlari menjauhi kolam dan menyelamatkan diri. Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Abdul Aziz Singkawang usai kejadian.


Sementara itu, wisatawan bernama Fery yang saat itu disopiri oleh korban menjelaskan bahwa saat itu ban belakang mobil mereka bocor tepat di depan kandang rusa dan sebuah kolam yang awalnya belum diketahui berisi buaya. Fery mengaku sempat menyarankan Ilham untuk mencuci tangannya di toilet yang tak terlalu jauh dari lokasi.

Namun korban saat itu memilih untuk mencuci tangan di kolam yang tampak kosong itu. "Tapi waktu itu dia bilang tidak apa-apa cuci tangan di situ saja," kata Fery dilansir tribunnews.

Fery dan keluarganya kaget kala melihat Ilham tiba-tiba diterkam buaya dari kolam tersebut. Mereka langsung berteriak minta tolong, namun Fery mengatakan tidak ada satu orang pun yang kala itu ada di dekat lokasi.

Adapun Fery sendiri tidak bisa berbuat banyak karena takut untuk masuk ke area penangkaran buaya tersebut. Akhirnya Ilham berhasil keluar dari area tersebut meski harus kehilangan tangan kanannya.

"Setelah itu paman saya langsung bawa Ilham ke rumah sakit," jelasnya.

Fery mengaku kala itu Ilham dan dirinya tidak sadar bahwa kolam tersebut berisi buaya. Pasalnya, ia tidak melihat ada papan atau plang peringatan di depan kolam yang tampak kosong dan seperti tidak terpakai itu.

"Kita semua tidak tahu ada buaya di situ, tidak ada plangnya, saya sendiri juga mengira kolam itu kolam kosong yang tidak terpakai," tukasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts