Tiba di RI Minggu, Jenazah Eril Akan Disemayamkan di Gedung Pakuan Bandung: Warga Diizinkan Takziah
Nasional

Jenazah Eril diperkirakan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) besok, pukul 15.45 WIB. Kemudian akan dibawa ke Bandung melalui jalur darat untuk disemayamkan.

WowKeren - Jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang sebelumnya telah ditemukan pada Kamis (9/6) lalu, kini diketahui akan dibawa pulang ke Indonesia. Kemudian, setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, nantinya jenazah akan dibawa ke Bandung melalui jalur darat.

Terkait dengan mekanisme setibanya jenazah Eril dari Swiss, kemudian dibawa ke pemakaman di Cimaung, Kabupaten Bandung itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri dan pihak keluarga Ridwan Kamil. Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan bahwa jenazah Eril akan diberangkatkan melalui Bandara Zurich, Swiss, pada pukul 10.00 waktu setempat.

"Tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu (12/6), pukul 15.45 WIB. Jenazah langsung di bawa ke Bandung lewat jalan darat," ujar Judha dalam konferensi pers, Sabtu (11/6).

Lebih lanjut, Judha menuturkan bahwa pesawat Qatar Airways akan membawa Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, dan jenazah Eril secara bersama-sama untuk kembali ke Tanah Air. "Sesuai arahan Presiden dan Menlu, maka KBRI Bern dan Kemlu bantu semaksimal mungkin, dari pencarian sampai pemulangan," beber Judha.


Di sisi lain, pihak perwakilan keluarga Kang Emil, Erwin Muniruzaman mengatakan bahwa jenazah Eril akan disemayamkan di kediaman resmi Ridwan Kamil yakni Gedung Pakuan Bandung. Jenazah Eril pun diperkirakan tiba di Gedung Pakuan pada Minggu (12/6) malam.

Erwin menuturkan setibanya di Gedung Pakuan, akan ada acara keluarga inti. Nantinya, setelah acara keluarga selesai, maka masyarakat dipersilakan untuk mendoakan Eril langsung di Gedung Pakuan sekitar pukul 23.00 Minggu malam sampai pukul 08.00 WIB, Senin (13/6).

"Warga yang akan hadir dan berkeinginan menyampaikan doa, salat jenazah, dukungan dan lain sebagainya itu dipersilakan setelah jenazah sampai di Pakuan, setelah acara keluarga," tutur Erwin dalam konferensi pers virtual, Sabtu (11/6).

Selanjutnya, kata Erwin, pada Senin (13/6), jenazah Eril akan dibawa dari Gedung Pakuan ke Cimaung untuk dimakamkan di pemakaman keluarga Kang Emil. Rencananya, jenazah akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan pada pukul 09.00 WIB.

"Untuk acara pemakaman, mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di pemakaman, kami fokuskan acara pemakaman utamanya dari pihak keluarga," jelas Erwin.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait