Asrama Haji Makassar Sempat Jadi Tempat Karantina Pasien COVID-19, Aman untuk Calon Jemaah?
Nasional

Asrama Haji Sudiang Makassar kini akan kembali difungsikan untuk para calon jemaah haji. Sebelumnya, tempat itu sempat dialihfungsikan sebagai tempat karantina pasien COVID-19.

WowKeren - Asrama haji di sejumlah wilayah di Tanah Air sempat dimanfaatkan untuk tempat karantina dan perawatan para pasien COVID-19 saat pandemi mencapai puncaknya. Termasuk Asrama Haji Sudiang Makassar.

Kini, asrama haji Sudiang pun akan kembali difungsikan sebagaimana mestinya. Namun, apakah aman menggunakan tempat bekas perawatan pasien COVID-19 untuk para calon jemaah haji?

Kementerian Agama wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan persiapan penyambutan calon jemaah haji (CJH) yang mulai masuk Asrama Haji Sudiang Makassar sudah 99 persen pada Kamis (16/6) besok. Kemenag Sulsel juga sudah melakukan sterilisasi Asrama Haji Sudiang, karena sebelumnya pernah menjadi tempat karantina pasien COVID-19.

Analis Kebijakan Muda Kemenag Sulsel, Solihin mengatakan Asrama Haji Sudiang bisa menampung hingga tiga kelompok terbang (kloter) CJH. Solihin mengungkap besok Kamis (16/6), akan ada 393 CJH yang akan masuk di Asrama Haji Sudiang. 393 CJH tersebut berasal dari Kota Makassar, Parepare dan Kabupaten Soppeng.


"Insya Allah Asrama Haji sudah ready 99 persen. Seluruh Akomodasi sudah siap untuk (calon) jemaah haji penempatannya (kamar). Kloter satu 393 jemaah, tambah empat petugas kloter. Jumlah itu dari Makassar, Parepare, dan Soppeng," kata Solihin kepada wartawan di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (15/6).

Solihin juga menegaskan pihaknya sudah melakukan sterilisasi gedung di Asrama Haji Sudiang yang pernah dijadikan tempat karantina pasien Covid-19. Ia menyebut pihaknya sudah melakukan penyemprotan disinfektan. "Sudah dilakukan (sterilisasi). Insya Allah CJH nyaman dan aman," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Sulsel, Khaeroni menjelaskan bahwa sebanyak 393 jemaah haji Kloter pertama akan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (16/6). Ia merinci dari 393 tersebut, terdiri dari CJH asal Kota Makassar 209 orang, Kota Parepare 61 orang, Soppeng 119 Orang dan ditambah 4 orang Petugas Haji Kloter.

"Saya yakin jemaah yang akan masuk asrama haji dalam kondisi sehat dan terbebas dari Covid-19. Kami lebih baik tegaskan di sini lebih awal demi melindungi semua jemaah haji," pungkas Khaeroni.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait