Mendadak Sakit, Jemaah Haji Asal Labuhanbatu Gagal Berangkat: Sudah Sempat Naik Pesawat
haji.kemenag.go.id
Nasional
Haji 2022

Keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci perdana di masa pandemi telah berlangsung pada 4 Juni 2022 lalu. Hingga kini masih terus dilaksanakan keberangkatan kloter selanjutnya.

WowKeren - Setelah dua tahun tidak memberangkatkan jemaah haji akibat pandemi COVID-19, di tahun 2022 ini pemerintah Indonesia kembali memberangkatkan ibadah ke Tanah Suci. Adapun kloter pertama perdana keberangkatan jemaah haji setelah pandemi telah berlangsung pada 4 Juni 2022 lalu.

Hingga kini, masih terus memberangkatkan jemaah haji kloter selanjutnya. Namun, pada kloter 05 Embarkasi Medan, ada suatu peristiwa yang tidak diduga, di mana ada seorang calon jemaah haji asal Kabupaten Labuhanbatu, yakni Nurlela Sari Rambe (56) yang mendadak sakit.

Nurlela pun lantas dilarikan ke Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Akibatnya, ia gagal berangkat ke Tanah Suci bersama rombongannya.

Sementara itu, Humas Haji Embarkasi Medan HM Yunus juga telah membenarkan bahwa ada seorang calon jemaah haji asal Labuhanbatu yang masuk rumah sakit. Yunus pun menyebutkan calon haji dengan Manifes 028, Porsi 0200127086 dan Paspor C6769081 tidak jadi ke Tanah Suci dikarenakan harus dirujuk ke rumah sakit.

"Padahal jemaah haji Nurlela sudah sempat duduk di dalam pesawat," ujar Yunus kepada Medcom.id, Rabu (15/6). Yunus menambahkan jemaah haji perempuan tersebut sakit sebelum pesawat take off.



Menurut Yunus, Nurlela sakit lantaran belum pernah naik pesawat dan kemungkinan stres. "Jadi dibawa ke Rumah Sakit Medistra Lubuk Pakam, saat ini sudah mulai membaik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Yunus menuturkan mengenai jemaah calon haji yang sakit dan gagal berangkat itu, masih menunggu penjelasan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Artinya untuk keputusan yang akan diambil selanjutnya, masih menunggu dari KKP.

Di sisi lain, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritongan telah melepas keberangkatan 390 jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 5 Embarkasi Medang untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Asrama Haji Medan, Rabu (15/6).

Dari jumlah keseluruhan 390 jemaah, diketahui terdiri dari 216 orang berasal Kabupaten Labuhanbatu, 151 orang dari Kota Medan, 17 orang dari Kabupaten Dairi, dan 6 orang petugas haji dari daerah kota Medan dan petugas haji dari Pusat.

Sedangkan berdasarkan data yang diperoleh, rombongan Embarkasi Medan yang akan diberangkatkan terdiri dari 3.777 orang haji reguler, 20 orang PPIH kloter, 20 orang petugas kesehatan, 5 orang pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 20 orang petugas haji daerah (KDH).

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts