Internet  Sempat Tumbang Gegara Cloudflare Down, Begini Penjelasannya
Dunia

CTO Cloudflare John Graham-Cumming mengatakan bahwa masalahnya telah berhasil ditangani, mereka mengerjakan perbaikan dan akan mengembalikan semuanya secara bertahap.

WowKeren - Layanan internet pada Selasa (22/6) sempat mengalami gangguan ketika Cloudflare mengalami pemadaman besar. Pemadaman itu juga turut menyebabkan tumbangnya layanan global utama termasuk Amazon, Discord, dan Steam.

Perusahaan infrastruktur internet mengalami apa yang disebut sebagai insiden P0 kritis yang memengaruhi sebagian besar situs web dan layanan mereka. Mengingat Cloudflare menjadi salah satu komponen back-end untuk separuh internet, tak ayal jika kejadian itu menumbangkan deretan situs seperti Discord, NordVPN, Medium, Social Blade, dan sejumlah situs web mata uang kripto.

CTO Cloudflare John Graham-Cumming memberikan penjelasan singkat dengan memposting ke Hacker News bahwa masalahnya telah berhasil ditangani, mereka mengerjakan perbaikan dan akan mengembalikan semuanya secara bertahap.



Proses ini sekarang telah dimulai dan selesai secara luas, yang berarti sebagian besar layanan harusnya bisa mulai kembali beroperasi. Saat ini, Cloudflare mengatakan sedang memantau hasil pada perbaikan yang dilakukan.

Sementara itu, pemadaman seperti ini tampaknya menjadi lebih sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum Cloudflare, layanan web Amazon, yang juga melayani separuh internet juga sempat mengalami pemadaman sebelumnya.

Namun, tidak banyak yang bisa dilakukan oleh siapa pun di luar perusahaan yang terpengaruh selain duduk manis. Pasalnya, kejadian semacam ini dipandang sebagai masalah kritis untuk keamanan internet, terutama jika kekuatan besar memutuskan untuk bersaing.

Wall Street Journal pada Desember lalu melaporkan lebih dari 11.000 laporan pemadaman masuk ketika pemadaman besar-besaran terjadi pada unit komputasi awan Amazon Web Services. Perusahaan menjelaskan bahwa pemadaman itu terkait dengan masalah perangkat jaringan, dan antarmuka pemrograman aplikasi, atau API.

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts