Naik TransJakarta Hingga Masuk Museum Digratiskan Hari Ini Dalam Rangka HUT DKI ke-495
Nasional

Penerapan tarif angkutan umum tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0076 tahun 2022 yang diteken Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

WowKeren - HUT ke-495 DKI Jakarta jatuh pada Rabu (22/6) hari ini. Pemprov DKI Jakarta lantas menggratiskan tarif angkutan umum TransJakarta, MRT, hingga LRT Jakarta untuk hari ini.

Dalam unggahan di akun Instagram resmi @dkijakarta, penggratisan tarif angkutan umum ini berlaku sepanjang hari, mulai dari pukul 00.00 hingga 23.59 WIB. "Kado spesial! LRT Jakarta, MRT Jakarta dan TransJakarta dapat digunakan secara GRATIS, saat hari ulang tahun ke-495 Kota Jakarta," tulis akun tersebut.

Adapun penerapan tarif tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0076 tahun 2022. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo telah menandantangani SK tersebut pada 21 Juni 2022.

"Menugaskan kepada Perseroan Terbatas Transportasi Jakarta, Perseroan Terbatas MRT Jakarta dan Perseroan Terbatas LRT Jakarta (Jakpro) untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada tanggal 22 Juni 2022 dari pukul 00.00 sampai 23.59 WIB dengan ketentuan tarif sebagai berikut," demikian kutipan diktum kesatu SK tersebut. "Layanan TransJakarta BRT dan Non BRT/Feeder, MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp 0,00 (nol rupiah)."



Tarif gratis juga berlaku untuk layanan Mikrotrans, layanan rusun, bus wisata, TransJakarta Cares, hingga penugasan Transportasi Jakarta lainnya. Seluruh biaya akan ditanggung oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui subsidi.

"Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta hanya berlaku pada tanggal 22 Juni 2022," jelasnya.

Selain itu, Pemprov DKI juga menggratiskan tarif masuk sejumlah museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI pada hari ini. Antara lain Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Onrust, Rumah Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara HUT DKI ke-495 di Monas pada hari ini. Anies bersama istrinya, Fery Farhati, tiba di kawasan Monas pada pukul 07.20 WIB. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria dan istrinya, Ellisa Sumarlin, turut mendampingi dalam agenda tersebut.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts