2.022 Jemaah Haji Asal Aceh Terima Wakaf Baitul Asyi 1.500 Riyal, Bakal Terus Dibagikan
Nasional
Haji 2022

Seluruh jemaah Haji asal Aceh mendapat wakaf Baitul Asyi masing-masing 1.500 Riyal. Wakaf Baitul Asyi bakal terus diberikan ke jemaah Haji asal Aceh, bahkan sampai Kiamat.

WowKeren - Jemaah calon haji dari Embarkasi Aceh (BTJ) mendapat wakaf Baitul Asyi sebesar 1.500 Riyal atau setara dengan Rp 6 juta di Makkah. Sebanyak 2.022 jemaah asal Aceh yang menerima wakaf itu pun diminta memanfaatkan uang tersebut dengan baik.

"Uang ini tolong dimanfaatkan dengan baik," ujar Pembina Yayasan Wakaf Baitul Asyi Jamaluddin Affan di Hotel Shoqreyah, Raudah, Makkah, Selasa (21/6).

Para jemaah asal Aceh mendapatkan wakaf tersebut secara tunai yang diberikan langsung oleh Nazir (penyalur nazar wakaf) Syaikh Abdul Latif Baltou. Dia pun meminta jemaah haji Indonesia memperbanyak ibadah selama di Tanah Suci. Wakaf diserahkan langsung oleh pengurus wakaf dan diterima langsung para jemaah haji sebagai penerima dan tidak boleh diwakili orang lain.

Ena Herisna, jemaah asal Aceh Barat yang mendapat wakaf mengaku bersyukur. Rencananya, uang tersebut akan digunakan untuk membayar dam dan kurban.

"Dapat uang wakaf, alhamdulillah saya bersyukur ada orang Aceh yang seperti itu. Saya bangga kita orang Aceh bangga dengan ada seperti ini karena ini satu-satunya yang ada pembagian wakaf," kata dia.



Adinda (20), jemaah lain yang menerima dana wakaf menyampaikan, uang tersebut akan digunakan untuk sedekah di Masjidil Haram. Sementara sisanya mungkin akan disimpan sebagian.

Jemaah haji asal embarkasi Aceh pun dipastikan bakal terus mendapatkan bagi hasil dari harta wakaf Baitul Asyi. Syaikh Abdul Latif Baltou, bahkan menyatakan bagi hasil itu terus dibagikan hingga kiamat.

"Insya Allah sampai hari kiamat nanti akan dibagikan," tegas Syaikh Abdul Latif Baltou di Mekkah, melansir Antara.

Syaikh Abdul Latif Baltou yang sudah menjadi nazir selama 15 tahun setelah diamanatkan Mahkamah Kerajaan Arab Saudi, menyatakan sejak awalnya bertugas hingga kini sudah 70 juta riyal atau sekitar Rp 277 miliar dibagikan ke jemaah asal Aceh. Wakaf Baitul Asyi sendiri merupakan wakaf Habib Bugak Asyi yang sekarang disebut wakaf Baitul Asyi atau wakaf rumah Aceh.

Wakaf yang usianya sudah 200 tahun lebih ini dulunya merupakan wakaf kecil. Namun seiring waktu, wakaf ini terus berkembang menjadi wakaf produktif, yakni berupa tanah, penginapan dan unit usaha lain di Mekkah, bahkan ada di sekitaran Masjidil Haram.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts