Pedagang Bakal Tutup Pasar 3 Hari Jika Mendag Tak Segera Turunkan Harga Migor
kemendag.go.id
Nasional

Para pedagang di DKI Jakarta mengancam akan menutup pasar selama 3 hari jika harga minyak goreng tak segera turun. Mereka pun mewanti-wanti Mendag untuk menepati janjinya.

WowKeren - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kini punya PR berat menuntaskan masalah minyak goreng. Mendag Zulkifli Hasan pun sebelumnya optimis masalah minyak goreng bakal selesai dalam waktu 2 bulan ke depan.

Namun, para pedagang kini masih menuntut masalah mahalnya harga minyak goreng diselesaikan secepatnya. Bahkan pedagang yang tergabung dalam Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta mengancam akan menutup pasar selama 3 hari jika Mendag Zulkifli Hasan tak segera menurunkan harga minyak goreng dan bahan pokok lainnya dalam waktu dua minggu ke depan.

Ketua Puskoppas DKI Jakarta Gusnal menuturkan saat ini bukan hanya minyak goreng yang harganya masih tinggi. Namun, komoditas pangan lainnya pun ikut melambung.

"Kalau ini tetap begini, kami akan bergerak lagi. Kita akan ada gerakan tutup pasar tiga hari," ujar Gusnal kepada wartawan saat melakukan demonstrasi di depan Gedung Kementerian Perdagangan, Rabu (22/6).

Gusnal menyebut kenaikan harga pangan di pasar merupakan bentuk ketidakpedulian pemerintah. Sebab, jika pemerintah peduli seharusnya mereka bisa mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok.


Gusnal juga mengatakan bahwa Zulkifli berjanji pada para pedagang untuk menurunkan harga minyak goreng curah ke level Rp14 ribu per liter dalam waktu dua minggu. "Tapi kalau nanti janji pak menteri tidak terpenuhi kami akan bergerak lagi," ungkap Gusnal memperingati.

Gusnal menekankan kenaikan harga komoditas pangan bukan hal main-main untuk para pedagang. Itu merupakan hal yang sangat penting. "Bagi kami ini adalah hidup dan mati," tegasnya.

Sebelumnya, Zulkifli optimis bisa menurunkan harga minyak goreng curah menjadi Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kg dalam waktu dua minggu ke depan.

Ia mengklaim saat ini lewat program minyak goreng rakyat, di Jakarta harga komoditas itu sudah stabil sesuai harga eceran tertinggi (HET) tadi. Bahkan, ia menyebut pasokan minyak goreng curah sudah berlimpah. Zulkifli mengatakan dalam dua Minggu tersebut, setidaknya minyak goreng curah harga Rp 14 ribu per liter itu sudah tersebar di Jawa, Bali, dan Sumatra.

"Saya yakin dalam dua Minggu akan stabil. Walaupun target saya satu bulan, tapi dua minggu ini sudah tidak ada yang ribut," pungkasnya kepada wartawan di Pasar Klender, Jakarta Timur.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait