Kemenlu RI Buka Suara Soal Rencana Jokowi Kunjungi Ukraina Kala Perang Masih Berkobar
Twitter/jokowi
Nasional

Konflik Ukraina-Rusia hingga kini masih panas dan Kyiv dikabarkan baru saja terkena serangan rudal. Lantas, apakah Presiden Jokowi akan tetap berkunjung ke Kyiv?

WowKeren - Presiden Joko Widodo berencana mengunjungi Kyiv, Ukraina, untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy. Meski begitu, konflik Ukraina-Rusia hingga kini masih panas dan Kyiv dikabarkan baru saja terkena serangan rudal. Lantas, apakah Jokowi akan tetap berkunjung ke Kyiv?

Pihak Kementerian Luar Negeri buka suara terkait hal tersebut. Menurut Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah, pihaknya masih menunggu kabar dari tim aju yang sudah berada di Ukraina terlebih dahulu.

"Kita tunggu berita dari tim aju ya. Tim aju adalah advance team yang sudah mendahului di Ukraina," ungkap Teuku kepada detikcom, Minggu (26/6).

Lalu apakah tim aju yang akan memutuskan soal kelanjutan rencana Jokowi ke Kyiv? Terkait hal itu, Teuku tidak bisa menyimpulkan demikian karena keputusan akhir berada di tangan delegasi inti.

"Saya tidak menyimpulkan demikian, mereka memberi laporan dari lapangan," jelasnya. "Keputusan akhir dari delegasi inti."


Sebagai informasi, Jokowi telah terbang ke Jerman pada Minggu (26/6) pagi untuk menghadiri KTT G7. Jokowi menghadiri acara tersebut karena Indonesia memegang Presidensi G20 tahun ini.

"Kami akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, yang sedang melanda dunia," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, upaya mendamaikan Ukraina dan Rusia memang tidak mudah namun Indonesia tetap akan mencobanya. Setelah lawatannya ke Jerman selesai, Jokowi akan bertolak ke Kyiv.

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," jelasnya.

Setelah itu, Jokowi akan berkunjung ke Rusia dan menemui Presiden Vladimir Putin. Pertemuan Jokowi dengan Putin juga memiliki yang sama, yakni terkait perdamaian.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru