Buntut Ibu Minta Pengobatan Anaknya di CFD Bundaran HI, DPR Akan Koordinasi Soal Ganja Medis
Pxhere
Nasional

Sebelumnya, ada seorang ibu yang meminta kepastian dari pemerintah atas keputusan ganja medis. Hal ini lantas menjadi sorotan publik hingga DPR pun mengatakan akan mengkoordinasikan soal ganja medis.

WowKeren - Belum lama ini, ada seorang ibu yang meminta untuk pengobatan ganja medis bagi anaknya di Car Free Day alias CFD di Bundaran HI. Setelah itu, ganja medis pun menjadi perbincangan publik, termasuk Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang diketahui akan mengkoordinasikan hal tersebut ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dasco menerangakan bahwa ganja sebagai pengobatan memang sudah diterapkan di sejumlah negara. Namun di Indonesia sendiri ganja medis belum memungkinkan karena tidak ada undang-undang yang menjadi payung hukum.

"Sehingga nanti kita akan coba buat kajiannya apakah itu kemudian dimungkinkan untuk ganja itu sebagai salah satu obat medis yang memang bisa dipergunakan, karena di Indonesia kajiannya belum ada demikian," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/6).

Lebih lanjut, Dasco mengatakan bahwa pimpinan DPR akan mengkoordinasikan soal isu ganja medis dengan Komisi IX yang membidangi kesehatan. Di samping itu, koordinasi juga akan dilakukan dengan Kemenkes.


Sebagaimana diketahui, sebelumnya, ada seorang ibu yang bernama Santi Warastuti yang tengah ramai diperbincangkan publik setelah meminta bantuan ganja untuk pengobatan anaknya yang mengidap penyakit cerebral palsy. Tak hanya itu, ia bahkan mengirim surat ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena gugatan ganja untuk medis tidak kunjung diputuskan.

"Kami meminta MK agar segera memberikan putusan atas gugatan yang sudah kami ajukan," tutur Santi kepada wartawan, Senin (27/6).

Selain itu, Santi diketahui juga mengirimkan surat terbuka kepada MK, sebab sudah 2 tahun sidang digelar terkait ganja medis berlangsung, namun tak kunjung menghasilkan putusan.

Dalam surat terbuka tersebut, Santi mencurahkan seluruh isi hatinya atas kondisi kesehatan anaknya. Ia pun menyampaikan bahwa setiap harinya selalu khawatir, bahkan setiap anaknya tertidur, ia mengamati dadanya masih naik turun atau tidak, pasalnya banyak teman anaknya dengan kondisi serupa yang meninggal.

Santi pun berharap agar MK bisa segera memutuskan soal ganja medis. Dengan begitu ada secercah harapan baginya atas kesembuhan anaknya. Hingga saat ini, ia pun masih menunggu kepastian itu.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru