Lakukan Ini di Showcase, Giselle aespa Ditegur Fans Internasional Akibat Dugaan Apropriasi Budaya
Twitter/aespa_official
Selebriti

Di media sosial, sempat terjadi perdebatan apakah Giselle bermaksud mengolok-olok budaya Desi atau tidak. Penggemar juga menyoroti bahwa tarian Giselle mirip dengan Bharatanatyam.

WowKeren - Netizen mengkritik Giselle aespa atas dugaan apropriasi budaya. Hal itu terjadi selama akhir pekan di mana aespa menampilkan "Showcase SYNK in LA" di YouTube Theater, Inglewood, CA. Itu adalah acara yang menarik bagi MY (aespa fandom) karena keempat member berkumpul untuk sebuah pertunjukan yang fenomenal.

Meski diisi dengan penampilan memukau dari para member serta momen-momen menyenangkan, sayangnya ada satu momen yang membuat para penggemar K-Pop kecewa. Selama "Showcase SYNK in LA", aespa bersenang-senang dengan tantangan dance TikTok terbaru yang membuat semua idol K-Pop terobsesi saat ini.

"Jiggle Jiggle" adalah single yang dibuat oleh jurnalis dan pembuat dokumenter Inggris-Amerika Louis Theroux. Lagu ini awalnya dibuat berdasarkan tren rap yang diikuti Theroux di acara Weird Weekends, dan dipopulerkan setelah dia nge-rap di serial wawancara Amelia Dimoldenberg "Chicken Shop Date". Suara tersebut diproduksi oleh duo DJ Duke & Jones yang berbasis di Manchester.

Lagunya yang catchy dengan koreografi yang serasi menjadi viral di aplikasi berbagi video, dan sekarang hampir semua idol melakukannya, bahkan di acara live mereka sendiri. Jadi, di "Showcase SYNK in LA", aespa melakukan tantangan dance "Jiggle Jiggle" dan semua member jelas sangat bersenang-senang dengannya.

Namun, pada akhirnya, Giselle menambahkan sentuhannya sendiri pada koreografinya. Pada bagian, "relax," biasanya satu kaki ke atas dan menyilangkannya dengan tangan di belakang kepala untuk mewakili lirik. Jadi, ketika ia melakukan bagian ini, Giselle beralih ke gerakan yang berbeda dari koreografi aslinya.


Giselle kemudian menjentikkan jarinya sambil menggerakkan kepalanya ke kiri dan ke kanan sambil berdiri di posisi yang sama. Bagi sebagian orang, dia hanya berimprovisasi dari tantangan tarian aslinya. Namun, bagi banyak orang, tampaknya Giselle sedang melakukan tarian dari budaya India.

Penggemar K-Pop merasa bahwa Giselle sedang mengejek Desi (juga dikenal sebagai Deshi), orang-orang, budaya, dan produk dari anak benua India dan diaspora mereka. Segera setelah melakukan gerakan itu, dia mulai tertawa.

Video aespa melakukan tantangan "Jiggle Jiggle" di showcase mereka menjadi viral di TikTok. Namun, itu menjadi semakin dibicarakan karena alasan Giselle yang diduga melakukan apropriasi budaya. Kolom komentar dipenuhi oleh netizen yang mengungkapkan kekecewaannya.

Di media sosial, sempat terjadi perdebatan apakah Giselle bermaksud mengolok-olok budaya Desi atau tidak. Beberapa berpendapat bahwa karena dia beragama Buddha, gerakan dan sikap seperti ini tumpang tindih dengan budaya/agama. Jadi, mereka percaya bahwa dia mengira dia hanya melakukan "pose yoga."

Penggemar juga menyoroti bahwa tarian Giselle mirip dengan Bharatanatyam, bentuk utama tarian klasik India. Bharatanatyam adalah bentuk utama tarian klasik India yang berasal dari Tamil Nadu. Natya Shastra oleh Bharata Muni dan Abhinaya Darpana (Cermin Gerakan) oleh Nandikeshvara dianggap sebagai sumber asli Bharatanatyam (bentuk tarian klasik India). Bentuk tarian juga disebutkan secara singkat dalam teks Kannada Manasollasa yang ditulis oleh Someshwara III. Ini telah berkembang di kuil-kuil dan pengadilan India selatan sejak zaman kuno.

Karena sejarah dan asosiasi keagamaannya, akan lebih menyakitkan bagi orang non-Desi untuk menarikannya, terutama tanpa pendidikan yang layak. Tentu saja, Giselle bukanlah idol K-Pop pertama yang mendapat kritikan terkait hal ini. Meski demikian, sebagian besar netizen merasa Giselle seharusnya lebih tahu dan tidak melakukan tarian yang menyerupai salah satu budaya Desi, apalagi dia diketahui pernah bersekolah di sekolah internasional.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait