RM BTS Beber Kegelisahan Nyata Perkara Usia di Industri K-Pop
Instagram/rkive
Selebriti

Mengingat RM BTS telah bertahun-tahun berkecimpung di industri musik K-Pop sejak usia muda, nyatanya hal itu membuatnya khawatir karena dirinya yang menginjak usia 30 (usia Korea).

WowKeren - Ketika membahas tentang usia, kekhawatiran terbesar pecinta K-Pop karena harus menghadapi kenyataan bahwa idola mereka tak bisa terhidar dari isu tentang kesejahteraan. Meski tampaknya dulu debut di usia 20-an menjadi hal yang wajar dan lumrah, namun seiring dengan ketatnya persaingan industri K-Pop usia lebih muda semakin marak saat ini.

Atas hal ini, leader dari BTS (Bangtan Boys), RM (Rap Monster) telah membagikan pemikirannya sendiri tentang masalah ini dan bagaimana hal itu berdampak padanya sebagai seorang idola. Dengan standar apa pun, RM bisa dikatakan belum tua. Dia baru berusia 27 tahun secara internasional dan menurut sistem usia tradisional Korea, RM akan berusia 30 tahun di 2023 mendatang.

Namun, sang idola menjelaskan dalam penampilan baru-baru ini di podcast "Intersections: The Art Basel" bahwa usia 30 tahun adalah hal yang serius di K-Pop dibandingkan dengan mereka yang belajar seni di mana penuaan adalah keuntungan.

"Aku berusia 29 tahun di Korea sekarang. Jadi, ketika kami berusia 30 tahun, itu hal yang berbeda. Aku masih muda, hanya seorang pemuda. Di dunia boyband, menginjak usia 30 tahun adalah sesuatu yang berbeda," tutur RM.

RM kemudian dengan tepat menjelaskan bahwa gagasan penuaan di industri ini adalah fakta yang menyedihkan dan merupakan sesuatu yang telah memengaruhinya. Secara khusus, itu membuatnya bertanya-tanya tentang masa depan dan apakah menurut standar K-Pop, dia telah mencapai puncaknya.


"Itu sangat menyedihkan, tapi itu fakta. Aku merasa seperti bertanya-tanya apakah ini waktu utamaku? Apakah ini puncak seluruh hidupku karena aku berusia 29 tahun dan aku bisa hidup sampai 100 tahun dan itu sangat menyedihkan jika ini adalah benar," ungkapnya.

Satu kutipan dari pembawa acara benar-benar menunjukkan masalah tersebut dan RM setuju dengan sepenuh hati. Ini menunjukkan kenyataan sulit yang dihadapi anggota boyband di seluruh dunia.

"Apa yang kamu katakan sekarang adalah bahwa ketika kamu sampai pada apa yang dikatakan orang sebagai tanggal kedaluwarsa tradisional untuk idola boyband. Sebenarnya melihat apa yang terjadi dalam karir seniman visual memungkinkan Anda untuk berpikir lebih lama," ujar sang MC podcast.

Kejujuran RM atas kenyataan berada di industri K-Pop menuai pujian. Ini bukan pertama kalinya RM menyebut industri K-Pop karena kekurangannya. Bahkan ketika ia bersama anggota BTS lainnya di FESTA Dinner, menurut RM fakta bahwa K-Pop tidak memberi idola waktu untuk dewasa karena harus tetap memproduksi musik.

Meskipun persaingan tetap ketat, tampaknya ada juga artis yang bersinar seiring bertambahnya usia. Musisi seperti Psy, Super Junior, dan Girls' Generation membuktikan bahwa usia tidak memiliki batasan dalam hal bakat.

Sementara itu, RM adalah salah satu dari banyak idola yang tidak takut untuk berbagi sisi gelap industri K-Pop. BTS mungkin semakin tua dan banyak dari anggota yang mendekati usia 30 tahun (usia Korea), tetapi mereka terus menunjukkan dominasi mereka.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait