Pabrik Cokelat Barry Callebaut Swiss di Belgia Setop Produksi Karena Wabah Salmonella
Rawpixel
Dunia

Pembuat cokelat Swiss Barry Callebaut menghentikan operasi di pabriknya di kota Wieze, Belgia, dan mengatakan bahwa mereka telah menemukan salmonella dalam lesitin.

WowKeren - Salah satu produsen cokelat terbesar di dunia, Barry Callebaut, yang berasal dari Swiss telah menutup operasi di salah satu pabriknya. Perusahaan mengonfirmasi pada Kamis (30/6) bahwa langkah itu dilakukan karena adanya wabah salmonella.

Pembuat cokelat Swiss Barry Callebaut menghentikan operasi di pabriknya di kota Wieze, Belgia, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Perusahaan mengatakan bahwa mereka telah menemukan salmonella dalam lesitin.

Lesitin ini digunakan di semua produk cokelatnya, sehingga temuan itu mengarah pada keputusan untuk menghentikan produksi. Dalam pernyataannya, perusahaan menegaskan bahwa bagi perusahaan keamanan pangan adalah hal yang penting.

"Bagi Barry Callebaut, keamanan pangan adalah yang terpenting," kata perusahaan. "Program keamanan pangan kami yang kuat memungkinkan kami untuk dengan cepat mengidentifikasi lesitin sebagai sumber kontaminasi."

Perusahaan juga telah mengonfirmasi hal ini kepada otoritas pangan di Belgia. Langkah yang diambil adalah salah satunya dengan menyetop semua lini produksi.


"Barry Callebaut memberi tahu otoritas makanan Belgia tentang insiden tersebut," lanjut perusahaan. "Dan telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan semua lini produksi cokelat dan memblokir semua produk yang diproduksi sejak saat pengujian."

Terkait kapan pabrik akan melanjutkan operasinya, masih harus menunggu. "Kami saat ini menjangkau semua pelanggan yang mungkin telah menerima produk yang terkena dampak. Produksi cokelat di Wieze akan tetap ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan itu.

Namun, masih belum jelas apakah sudah ada produk yang terdampak yang telah sampai ke tangan atau mulut konsumen. "Sejauh ini terlihat bagus, tetapi pemetaannya masih dalam proses," kata juru bicara perusahaan kepada Politico.

Menurut publikasi Belgia De Tijd, pengolah cokelat Neuhaus, The Belgian Chocolate Group, Guylian dan Mondelez menutup jalur produksi mereka setelah menerima pengiriman yang berpotensi terkontaminasi.

Barry Callebaut menyebut dirinya sebagai produsen produk cokelat dan kakao terkemuka di dunia. Perusahaan telah melakukan penjualan 7,9 miliar dolar AS selama tahun fiskal terakhir.

(wk/zodi)


You can share this post!

Related Posts