Ratusan Hektare Tanah Pesisir Jabar Kini Jadi Lautan, Ridwan Kamil Ajak Tanam Mangrove
jabarprov.go.id
Nasional

Ridwan Kamil mengungkap ratusan hektare daratan di pesisir pantai di Jawa Barat kini telah menjadi lautan. Hal itu salah satunya adalah karena faktor pemanasan global.

WowKeren - Tanah daratan di pesisir pantai Jawa Barat kini telah berubah menjadi perairan. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebut ratusan hektare tanah di Jawa Barat yang dulunya daratan kini berubah menjadi laut. Hal ini merupakan salah satu efek dari perubahan iklim dan pemanasan global.

Ia mencontohkan, di sekitar Pantai Pondok Bali, Desa Mayangan, Legonkulon, Kabupaten Subang ada 192 hektare daratan kini sudah menjadi laut. Kemudian di pesisir Bekasi, air laut kini menggenangi 400 hektare tanah yang dulunya daratan.

"Di sini 192 hektare lahan yang dulunya daratan sudah jadi laut, di Kabupaten Bekasi juga 400 hektare, dengan berbagai sebab, seperti proyek maupun pemanasan global," ungkap Ridwan Kamil saat menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) Tingkat Provinsi Jabar, Kamis (30/6).

Wilayah Jabar sendiri diketahui memiliki panjang pantai mencapai hingga 400 kilometer. Pemprov Jabar saat ini sedang memetakan pantai mana saja yang berpotensi terkikis air laut.


Ridwan Kamil menambahkan, pesisir selatan Jabar memiliki kontur daratan curam. Hal itu berbeda dengan wilayah pesisir utara lebih rendah yang memudahkan air laut naik ke darat.

Karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk menganangi masalah tersebut adalah dengan menanam mangrove. Ridwan Kamil pun mengimbau agar gerakan menanam mangrove di Jawa Barat dilakukan secara masif.

"Dampak dari pemanasan global sudah hadir di halaman Jabar yang menghilangkan tanah menjadi laut. Karena itu gerakan menanam mangrove di utara Jabar harus masif," pesan Ridwan Kamil.

"Selatan tipenya lebih curam sehingga tidak menyebabkan hilangnya tanah. Maka penanaman jutaan mangrove fokus di utara terlebih di momen hari lingkungan hidup," lanjutnya.

Masifnya gerakan penanaman mangrove di seluruh pesisir utara Jabar dapat mengurangi potensi hilangnya lahan dalam beberapa tahun ke depan. Ridwan Kamil berharap gerakan penanaman mangrove secara masif bisa segera dilaksanakan agar manfaatnya bisa dirasakan di masa depan.

"Dalam beberapa tahun ke depan, mudah-mudahan mengurangi hilangnya lahan sehingga masyarakat bisa meneruskan masa depannya dengan lebih baik," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait