MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Berawal Dari Keletihan Hingga Dirawat di RS 2 Minggu
menpan.go.id
Nasional
Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo sempat dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo sejak pertengahan bulan Juni 2022 lalu.

WowKeren - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo dilaporkan meninggal dunia pada Jumat (1/7) siang ini. Politisi PDIP Hendrawan Supratikno lantas mengungkapkan kronologi Tjahjo Kumolo yang sempat sakit hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Menurut Hendrawan, Tjahjo awalnya sempat merasa keletihan akibat pekerjaan yang berat. Ia kemudian jatuh sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo sejak pertengahan bulan Juni 2022 lalu.

"Awalnya kecapekan, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian setelah itu jatuh sakit," papar Hendrawan.

Setelah itu diketahui bahwa Tjahjo mengidap sejumlah gangguan kesehatan mulai dari paru-paru hingga asam urat. "Ada paru-par, diabetes, asam urat. Orang sakit kan komplikasinya berarti multi organ ya," tuturnya.


Sementara itu, Rahajeng Widyaswari yang merupakan putri sulung Tjahjo mengaku bahwa ayahnya sempat dirawat di rumah sakit selama dua minggu setelah jatuh sakit. "Dua minggu lebih," ungkpa Rahajeng.

Menurut anggota DPR Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu, Tjahjo meninggal dunia karena komplikasi paru-paru. "Komplikasi paru," ujar Masinton kepada Kumparan.

Adapun jenazah Tjahjo masih berada di RS Abdi Waluyo. Sejumlah pejabat tampak telah mendatangi RS Abdi Waluyo, salah satunya Menteri Sosial sekaligus sesama kader PDIP, Tri Rismaharini.

Sementara itu, Politikus PDIP Eva Sundari mengatakan jenazah Tjahjo Kumolo bakal dibawa untuk disemayamkan di rumah duka di Widya Chandra. "Sekarang masih di RS Abdi Waluyo. Akan dibawa ke rumah dinas di Widya Chandra IV No. 22," kata Eva.

Sebagai informasi, Tjahjo merupakan kader PDIP dan sempat menjabat sebagai Sekjen partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut. Namun Tjahjo mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masuk ke dalam kabinet sebagai Menteri Dalam Negeri. Di masa jabatan Presiden Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai MenPAN-RB.

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts