MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Akan Dimakamkan di TMP Kalibata, Polisi Siapkan Pengawalan
https://menpan.go.id/
Nasional
Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal

Jenazah Tjahjo Kumolo rencananya akan disemayamkan di rumah dinas MenPAN-RB yang terletak di Jalan Widya Chandra IV nomor 22 Jakarta Selatan pada Jumat (1/7).

WowKeren - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Jakarta pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB. Tjahjo meninggal dunia usai sempat dirawat di rumah sakit selama dua pekan.

"Saya mewakili keluarga pak Tjahjo membenarkan berita bahwa bapak sudah berpulang hari ini kurang lebih jam 11," ungkap anak sulung Tjahjo, Rahajeng, kepada awak media.

Menurut Rahajeng, jenazah Tjahjo rencananya akan disemayamkan di rumah dinas MenPAN-RB yang terletak di Jalan Widya Chandra IV nomor 22 Jakarta Selatan. Kemudian salat jenazah akan dilakukan di Masjid Quba Kantor KemenPAN-RB. Adapun Tjahjo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Kemudian akan disalatkan dekat kantor Menpan RB. Setelah itu mungkin abis Ashar atau setelah disalatkan rencanaya akan disemayamkan di Kalibata," paparnya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan iring-iringan jenazah Tjahjo. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, tidak ada rekayasa atau penutupan arus lalu lintas saat iring-iringan jenazah Tjahjo dibawa ke TMP Kalibata.


"Kita akan berikan pengamanan pengawalan terkait keberangkatan jenazah dari rumah sakit ke Widya Chandra sampai ke TMP itu pemakaman secara lebih aman," papar Zulpan. "Untuk polisi tentunya akan memberikan pengamanan pengawalan terhadap jenazah dan iring-iringannya termasuk juga di tempat penguburan di TMP. Anggota sudah cukup paham sudah kita gelar di sepanjang jalur."

Sebagai informasi, Tjahjo sudah sempat dirawat di rumah sakit sejak pertengahan bulan Juni 2022 lalu karena jatuh sakit. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pun telah ditunjuk untuk menggantikan tugas Tjahjo sejak 20 Juni.

Kekinian, Mahfud turut menyampaikan belasungkawanya. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengaku mendapat kabar mengejutkan tersebut saat sedang berada di helikopter.

Di mata Mahfud, Tjahjo adalah orang yang baik semasa hidupnya. Dia berdoa agar Tjahjo mendapat tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Saya bersaksi bahwa Almarhum orang yang baik. Semoga Allah memberikan surga-Nya," kata Mahfud

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts