Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo Berlangsung Khidmat, Surya Paloh Hingga Ganjar Turut Hadir
Instagram/kemenpanrb
Nasional
Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal

Jenazah MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dibawa ke TMP Kalibata dan dimakamkan dengan upacara militer. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin upacara pemakaman Tjahjo.

WowKeren - Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Jumat (1/7) hari ini. Prosesi pelepasan jenazah digelar di Kantor KemenPAN-RB sebelum Tjahjo dimakamkan.

"Saya Menko Polhukam Mahfud MD mewakili pemerintah dan TNI menyatakan menerima jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Almarhum Bapak Haji Tjahjo Kumolo," ujar Mahfud MD yang memimpin proses pelepasan jenazah.

Jenazah Tjahjo kemudian dibawa ke TMP Kalibata dan dimakamkan dengan upacara militer. Peti jenazah Tjahjo diselimuti bendera merah putih dan dibawa para petugas TNI ke area liang lahat.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin upacara pemakaman Tjahjo pada Jumat sore ini. Pratikno membacakan apel persada dalam upacara pemakaman tersebut.


"Saya Pratikno, Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan gelar persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa Almarhum Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ujar Pratikno. "Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka."

Peti jenazah Tjahjo kemudian diturunkan ke liang lahat dan diberi penghormatan terakhir oleh para peserta upacara. Pihak keluarga menaburkan bunga ke makam Tjahjo dengan iringan lagu "Gugur Bunga".

Adapun pemakaman Tjahjo turut dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah dan elite parpol. Di antaranya adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Lalu ada pula Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono, Kepala BPOM Penny K Lukito, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampak turut hadir dalam pemakaman tersebut.

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts