Korea Utara Diduga Lakukan Pelepasan Air Bendungan di Perbatasan, Picu Wisatawan di Korsel Mengungsi
Dunia

Korea Utara tampaknya kembali membuat warga Korea Selatan resah. Kali ini, Korut diduga melakukan pelepasan air bendungan di perbatasan dekat Korsel hingga memicu wisatawan terpaksa mengungsi.

WowKeren - Dua negara Korea hingga saat ini diketahui hubungannya belum sepenuhnya pulih. Terbaru, Korea Utara diduga telah melepaskan air dari bendungan di dekat perbatasannya dengan Korea Selatan.

Akibat hal tersebut, memicu wisatawan di Korsel untuk mengungsi karena naiknya permukaan air di Sungai Imjin. Melansir The Guardian, ketinggian air di sebuah jembatan di seberang sungai di daerah perbatasan Selatan Yeoncheon melampaui 1 meter pada Senin (4/7) sore, sehingga mengharuskan pengunjung di tepi sungai untuk mengungsi.

"Korea Utara tampaknya telah melepaskan air dari bendungan Hwanggangnya," ujar seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang menangani urusan antar-Korea, dilansir melalui The Guardian, Selasa (5/7).

Sementara itu, Kabupaten Yeoncheon mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim pesan alarm ke penduduk terdekat dan mengeluarkan peringatan untuk pindah ke daerah yang aman. Akan tetapi belum diketahui pasti jumlah orang yang harus pergi setelah dugaan pelepasan air.


"Ketinggian air sekarang menurun setelah melayang lebih dari 1,6 meter,” ungkap seorang pejabat daerah Yeoncheon.

Di sisi lain, Korea Utara disebut telah meningkatkan upaya untuk mencegah kerusakan akibat banjir dari hujan lebat yang terjadi baru-baru ini. Atas hal ini, Korsel pun telah berulang kali mendesak Korea Utara untuk memberikan pemberitahuan sebelum melepaskan air dari bendungan, saat sungai mengalir melalui Yeoncheon, tetapi Pyongyang tetap tidak merespons.

Sebelumnya, kejadian serupa yakni pelepasan air bendungan pada tahun 2009 silam juga pernah terjadi. Akibatnya, terjadi banjir di hilir hingga akhirnya menewaskan setidaknya enam warga Korsel.

Atas hal tersebut, tentu saja Korsel berharap agar ke depannya nanti Korut bisa mendengarkan dan menanggapi permintaan Korea Selatan untuk menginformasikan akan melakukan pelepasan air bendungan. Sehingga dengan begitu Korsel bisa mengantisipasinya terlebih dahulu seperti meminta warga untuk tidak keluar rumah atau mengungsi sementara di tempat yang lebih aman.

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts