Pemprov DKI Jakarta Bakal Gelar Salat Idul Adha di JIS, Warga Diimbau Sudah Booster dan Pakai Masker
Nasional

Kemenag sebelumnya telah mengumumkan Hari Raya Idul Adha 1443 jatuh pada 10 Juli 2022. Sementara itu, Pemprov DKI berencana menggelar salat Idul Adha di JIS.

WowKeren - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sebelumnya telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022. Dalam merayakan Idul Adha, Pemprov DKI Jakarta menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar salat Id berjemaah di Jakarta International Satdium (JIS).

Meski demikian, mengingat saat ini pandemi COVID-19 belum juga berakhir, maka Pemprov DKI mengimbau jemaah yang ingin ikut salat Id di JIS untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) serta melengkapi vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster. Pelaksanaan salat Idul Adha di JIS ini sendiri merupkan yang kedua kalinya diselenggarakan setelah salat Idul Fitri di tahun 2022.

"Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada warga yang ingin berpartisipasi untuk mematuhi tata tertib, melengkapi vaksin ketiga atau booster, dan tetap memakai masker meski di ruang terbuka," ujar Plh Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko dalam keterangan tertulis, Kamis (7/7).


Lebih lanjut, Sigit menerangkan bahwa pelaksanaan salat Idul Adha di JIS itu juga berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta serta lembaga-lembaga Islam lainnya. Selain itu, pelaksanaan salat Idul Adha berjemaah itu disebut telah sesuai dengan kaifiat salat.

Sigit menambahkan bahwa untuk menjamin kesucian tempat salat, Pemprov DKI akan membersihkan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta. Hal ini dilakukan Pemprov DKI demi menjaga kenyamanan dan kekhusyukan bersama saat menjalankan salat Idul Adha di JIS.

Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan berbagai infrastruktur guna mendukung pelaksanaan salat Idul Adha di JIS, seperti tempat wudu, tempat parkir, dan toilet. Meski telah disediakan tempat wudu, warga disarankan untuk melakukannya di rumah demi mengurangi antrean. Sehingga pelaksanaan salat pun bisa dimulai tepat waktu.

"Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Id berjemaah dapat berjalan sukses," jelas Sigit. "Oleh karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung dan lengkapi vaksinasi booster-nya. Semoga salat Id nanti dapat mendukung #LebaranAman&Sehat di Jakarta."

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait