Sindir Halus Baim Wong Soal 'Citayam Fashion Week', Sujiwo Tejo Ingin Saingi Patenkan Nama Negara
Selebriti
Citayam Fashion Week

Sujiwo Tejo menjadi salah satu tokoh publik yang ikut menyoroti pendaftaran nama 'Citayam Fashion Week' ke DJKI. Ogah kalah, seniman yang dijuluki Dalang Edan itu ingin melakukan ini.

WowKeren - Langkah Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven mendaftarkan merek "Citayam Fashion Week" ke DJKI menuai kecaman dari berbagai pihak mulai dari masyarakat biasa, sesama artis hingga pejabat publik. Budayawan dan seniman Sujiwo Tejo pun turut menyoroti fenomena tersebut.

Melalui akun Instagram pribadinya, Sujiwo Tejo mengunggah gambar berisi pemikirannya mengenai situasi klaim HAKI saat ini. Meski tidak menyebutkan nama secara khusus, muatan mengenai pendaftaran merek mengarah pada keputusan Baim Wong ingin mematenkan "Citayam Fashion Week".

"Indonesia udah ada yang punya, lom," bunyi tulisan dalam postingan Sujiwo Tejo. "Pengin ngedaftarin merk Indonesia dan kekayaan intelektualnya ke Kemenhumham."

Seolah ingin menyaingi Baim Wong mendaftarkan "Citayam Fashion Week" ke DJKI, Sujiwo Tejo berkata ingin mamatenkan nama negara. Ia menyebutkan akan mendaftarkan Indonesia beserta kekayaan intelektualnya ke Kementrian Hukum dan HAM.

"Aku sungguh-sungguh," tulis Sujiwo Tejo pada postingan Senin (25/7).


Postingan Sujiwo Tejo lantas menarik perhatian netter. Bukan hanya tertawa oleh sindiran halus tersebut, mereka juga mencoba mengartikan jika sang Dalang Edan punya maksud tersembunyi dari postingan tersebut.

"Dikit tapi kena," kata pemilik akun @ita1****jajnc. "Apakah Indonesia merek dagang atau hak paten milik perseorangan atau kelompok?" sahut @ken_****najjd. "Pek.en kabeh mbah,, aku ra njaluk (ambil semua mbah, aku nggak minta," ujar akun @jend****makjx.

Bukan hanya Sujiwo Tejo seorang, beberapa tokoh terkenal sudah memberikan kritikan keras terhadap Baim Wong dan upayanya mengkomersilkan nama "Citayam Fashion Week". Mulai dari sutradara Ernest Prakasa, penulis Okky Madasari hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sebagian besar tidak menyetujui langkah Baim Wong tersebut dan menudingnya cari untung sendiri. Bahkan tindakan Paula membawa koper berisi uang untuk Bonge pentolan "Citayam Fashion Week" membiayai event juga menuai kritik.

(wk/inta)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel