Idap Penyakit Langka, Ruben Onsu Beber Rasanya Berobat 3 Hari di Singapura Hingga Alami Efek Samping
Instagram/ruben_onsu
Selebriti
Ruben Onsu dan Sarwendah Sakit

Setelah berobat 3 hari di Singapura, Ruben Onsu akhirnya kembali ke Indonesia dan menceritakan pengalamannya di sana. Ternyata dalam prosesnya berobat, terungkap gangguan baru.

WowKeren - Belum lama ini, Ruben Onsu berobat ke Singapura. Selama tiga hari ditemani Jordi Onsu, suami Sarwendah itu menjalani perawatan di rumah sakit Mount Elizabeth sebelum akhirnya diizinkan pulang.

Kepada rekan-rekan hostnya di "Brownis" pada episode Senin (25/7), Ruben Onsu menceritakan pengalamannya berobat di Singapura. Seperti diketahui, ayah tiga anak itu mengidap penyakit langka yakni Empty Sella syndrome yang berhubungan dengan bagian tengkorak.

Setelah menerima perawatan, ternyata Ruben sempat sulit menelan makanan. Presenter sekaligus komedian itu juga menjelaskan dirinya menerima endoskopi untuk mencari tahu tindakan apa yang sekiranya tepat untuk menyembuhkan dirinya.

"Keberangkatan saya ke Singapur itu ya memang fokus untuk ke spesialis darah. Kenapa darahnya selalu berkurang? Kenapa selalu transfusi-transfusi terus, itu yang ditelaah sebenarnya," kata Ruben Onsu.

Setelah diperiksa, Ruben Onsu dinyatakan mengalami penyempitan sumsum tulang belakang hingga menyumbat darahnya. Kondisi itu ternyata disebabkan karena darah yang terus berkurang dan tidak menyebar merata di organnya.

"Akhirnya kemarin ada salah satu yang dikasih (tahu) sama dokter, adanya penyempitan sumsum tulang belakang. Jadi darahnya kayak kegencet gitu jadi kesumbat, jadi dia tidak berproduksi," papar Ruben. "Sementara gue juga ada fokus ke bagian otak, jadi darahnya tetep lebih menang di otak. Karena dia nyerapnya lebih banyak."


Selain endoskopi, Ruben Onsu juga menerima transfusi darah. Pihak medis sudah lebih dulu mempersiapkan cadangan darah untuknya apabila pengobatan membuat darah di tubuhnya menurun. Benar saja, darahnya berkurang ketika sedang dirawat.

"Hasil darah di sana juga sama, masih berkurang juga di sana. Makanya pas di sana dapet darah lagi," ujarnya.

Terkait apa yang dirasakan Ruben Onsu saat ini adalah sama saja dengan sebelumnya namun lebih segar lantaran baru menerima transfusi darah. Rekan-rekan seperti Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting juga menyadari kulit Ruben kini sudah tidak sepucat sebelumnya.

"Terus di sana udah dikasih tau, ini mau masukin banyak obat dari infusan ini ya. Sekarang nggak sakit, tapi nanti setelah ini baru lu ngerasain jadi gue pulang aduh linu-linu. Gue dikit-dikit nyolok," bebernya. "Habis endoskopi itu gue nggak bisa masuk makan."

Setelah berkonsultasi, dokter menyarankan Ruben Onsu makan makanan kesukaannya dan dipersilakan meninggalkan rumah sakit. Ruben sendiri punya satu makanan favorit yang dimakan di Orchard, namun rupanya hal itu tidak banyak membantu. Ruben masih kesulitan menelan makanannya.

"Saya akhirnya makan, tapi nggak ada yang bisa masuk. Jadi makanan sekali dua suap langsung mual banget karena alat itu, pengaruh obat. Bukan sakit tapi nggak enak banget deh," tutur Ruben Onsu.

Selanjutnya, Ruben menjelaskan dirinya wajib sebulan sekali pergi berobat ke Singapur. Saat ini ia berharap agar segera sembuh dari penyakitnya dan berterima kasih atas doa-doa untuk kesehatannya.

(wk/inta)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait