Malaysia Siap Impor Ayam Beku Tekan Harga Dalam Negeri
Unsplash/Brett Jordan
Dunia

Pemerintah mengatakan langkah itu diharapkan akan dilakukan pada bulan September. Ayam beku yang diimpor ke Malaysia akan dijual melalui toko koperasi kementerian.

WowKeren - Malaysia berinisiatif untuk mengimpor ayam beku untuk dijual, sebagaimana dilaporkan Bernama. Adapun langkah ini disampaikan oleh Menteri Pengembangan Koperasi dan Pengusaha Malaysia Noh Omar.

Adapun terkait alasannya, dia mengatakan bahwa ayam beku memiliki harga yang lebih rendah. Impor ayam beku dilakukan untuk memastikan pasokan ayam di dalam negeri mencukupi, katanya.

Sebelumnya, Malaysia pada Juni 2022 lalu telah menghentikan ekspor 3,6 juta ayam sebulan ke Singapura. Hal itu dilakukan guna menstabilkan harga dan volatilitas pasokan secara lokal. Usai Malaysia menerapkan kebijakan itu, Singapura mencari pasokan ayam beku dari Indonesia.

Namun, sejak itu telah dijelaskan dan diprediksi bahwa mungkin ada kecenderungan jangka panjang produsen ayam di Malaysia keluar dari pasar. Hal itu lantaran tekanan permintaan yang terus mereda.


Kembali ke inisiatif ayam beku, Noh Omar mengatakan langkah itu diharapkan akan dilakukan pada bulan September. Ayam beku yang diimpor ke Malaysia akan dijual melalui toko koperasi kementerian atau Coopmart.

Ratusan toko koperasi atau Coopmart telah didirikan di seluruh Malaysia, yang bertujuan untuk meringankan beban biaya hidup keluarga Malaysia dan menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi anggota koperasi.

"Kami masih dalam proses mendatangkan ayam impor," kata Noh. "Untuk mengatasi masalah kenaikan harga ayam menyusul kekurangan pasokan secara nasional."

Dia lebih jauh mengatakan jika Malaysia telah mulai mengidentifikasi negara mana yang bisa diajak bekerja sama untuk memasok ayam beku ke negara itu. "Kementerian saya telah mengidentifikasi beberapa negara untuk pemasok ayam beku. Dari segi kemasan, kami akan menggunakan logo Coopmart yang juga akan mengatur distribusi," tambahnya.

Tak hanya ayam beku, Noh mengatakan barang-barang penting lainnya juga akan dijual dengan harga lebih murah di gerai Coopmart nasional. Misalnya seperti gula, minyak goreng, tepung dan beras.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait