Xi Jinping Wanti-Wanti Joe Biden Tak Bermain Api dengan Taiwan
AFP/Noel Celis
Dunia

Xi Jinping mengatakan Washington harus mematuhi prinsip satu-Tiongkok dan menekankan bahwa Tiongkok akan dengan tegas menentang kemerdekaan Taiwan dan campur tangan pihak luar.

WowKeren - Presiden Tiongkok Xi Jinping memperingatkan Amerika Serikat agar tidak bermain api dengan masalah Taiwan. Hal itu disampaikan olehnya saat panggilan telepon dengan Presiden AS Joe Biden pada Kamis (28/7).

Pernyataan itu menyoroti kekhawatiran Beijing tentang kemungkinan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang diklaim Tiongkok tersebut. Kementerian luar negeri Tiongkok mengutip pernyataan Xi kepada Biden mengatakan, "Mereka yang bermain api akan binasa karenanya. Diharapkan AS akan melihat dengan jelas tentang ini."

Xi Jinping mengatakan Washington harus mematuhi prinsip satu-Tiongkok dan menekankan bahwa Tiongkok akan dengan tegas menentang kemerdekaan Taiwan dan campur tangan pihak luar. Gedung Putih, mengutip Biden, mengatakan bahwa kebijakan AS tentang Taiwan tidak berubah dan bahwa Washington sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Kunjungan Pelosi akan menjadi dukungan AS yang dramatis untuk Taiwan, meskipun belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, beberapa analis khawatir langkah seperti itu dapat memicu krisis besar dan bahkan bentrokan yang tidak diinginkan.


Kontak tingkat pemimpin sangat penting untuk mencegah hal ini, kata Scott Kennedy, seorang analis Tiongkok di Pusat Studi Strategis dan Internasional Washington. "Orang berharap mereka telah melakukan cukup banyak untuk menghindari tabrakan dalam waktu dekat, tetapi jelas perlu ada komunikasi yang lebih sering dan mendalam," katanya.

Biden menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi di Taiwan. Seorang pejabat senior AS mengatakan baik Biden maupun Xi Jinping juga membahas bidang-bidang di mana ada potensi untuk memperluas kerja sama, termasuk perubahan iklim, keamanan kesehatan dan kontra-narkotika.

Xi, juga menekankan bahwa Tiongkok dan AS sebagai ekonomi terbesar dunia perlu menjaga komunikasi terkait kebijakan makroekonomi, rantai pasokan global, dan menjaga keamanan pangan dan energi global.

Sementara itu, Tiongkok telah mengeluarkan peringatan yang meningkat tentang dampak jika Pelosi mengunjungi Taiwan. Xi telah bersumpah untuk membawa Taiwan di bawah kendali Beijing, bahkan jika perlu dengan paksaan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru