Kasus Pertama Cacar Monyet Juga Sudah Terdeteksi di Filipina
Pixabay/TheDigitalArt
Dunia
Wabah Cacar Monyet

Filipina melaporkan kasus pertama Cacar Monyet di negara mereka. Pengumuman itu disampaikan sekitar seminggu setelah WHO menyatakan status wabah Cacar Monyet sebagai darurat kesehatan global.

WowKeren - Makin banyak negara di Asia Tenggara yang melaporkan adanya kasus Cacar Monyet. Setelah Singapura dan Thailand, kini giliran Filipina yang mengumumkan kasus Cacar Monyet pertama di negara mereka.

Para pejabat mengatakan pada Jumat (29/7), Filipina telah mendeteksi kasus Cacar Monyet pertama pada seseorang dengan riwayat perjalanan ke luar negeri. Di mana pengumuman itu datang dalam waktu seminggu setelah Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan wabah Cacar Monyet sebagai darurat kesehatan global.

Namun pejabat Filipina tidak mengungkap identitas jenis kelamin orang tersebut. Mereka hanya mengatakan bahwa dia berusia 31 tahun dan dinyatakan positif pada hari Kamis (28/7) setelah tes RT-PCR.

“Kasus ini sebelumnya telah bepergian ke negara-negara dengan kasus Cacar Monyet yang terdokumentasi,” kata Beverly Ho, wakil sekretaris Departemen Kesehatan, melansir Malaymail.com.

Pihak berwenang pun juga telah melakukan pelacakan terhadap siapa saja yang sempat melakukan kontak dengan pasien. Kini orang-orang yang sempat melakukan kontak dekat dengan orang tersebut juga telah dikarantina dan dipantau Departemen Kesehatan.


“Sepuluh kontak dekat tercatat, tiga di antaranya berasal dari rumah yang sama. Semua telah disarankan untuk dikarantina dan dipantau oleh departemen," ungkapnya.

Sementara itu, lonjakan infeksi Cacar Monyet diketahui telah dilaporkan sejak Mei di luar dari negara-negara Afrika Barat dan Tengah di mana penyakit itu memang telah lama mewabah.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan Rabu bahwa lebih dari 18.000 kasus kini telah dilaporkan ke organisasi dari 78 negara, dengan 70 persen di antaranya di Eropa dan 25 persen di Amerika. Lima kematian telah dilaporkan dalam wabah itu sejak Mei, katanya.

Filipina berusaha mencegah potensi kepanikan, dengan mengatakan bahwa Cacar Monyet tidak seperti Covid-19. Ho mengatakan Filipina bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk mengamankan vaksin cacar monyet.

“Ini tidak seperti Covid yang bisa menyebar melalui udara dengan sangat mudah dan bisa berakibat fatal. Ini tidak terlalu fatal,” pungkas Trixie Cruz-Angeles, sekretaris pers Presiden Ferdinand Marcos Jr.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts