Konsep 'Ready for Love' BLACKPINK Dituding Plagiat Aespa
Twitter/ygofficialblink/ aespa_of
Musik

Isu plagiat selalu meresahkan siapa pun pembuat karya, seperti tudingan netizen terhadap konsep terbaru BLACKPINK yang dinilai meniru aespa karena sama-sama mengusung karakter AI dan semacamnya.

WowKeren - Setelah dinantikan, BLACK PINK akhirnya merilis lagu baru lewat proyek kolaborasi bersama platform game PUBG Mobile bertajuk "Ready for Love". Akan tetapi, belakangan ini netizen justru mengecam konsep BLACKPINK yang dinilai menjiplak album aespa yang bertajuk "Girls'".

Hal ini bermula ketika pada Jumat (29/7), netizen mulai membahas bagaimana konsep dari musik baru BLACKPINK memiliki konsep yang serupa dengan aespa. Terlepas dari sama-sama mengusung karakter AI untuk para anggotanya, namun yang membuat netizen terus menggali adanya dugaan plagiat ini ada beberapa unsur lain yang diduga kuat ditiru.

Netizen menyertakan beberapa foto video musik game virtual "Ready For Love" terbaru BLACKPINK yang mana disandingkan dengan album aespa. Jika dibandingkan secara berdampingan, ada banyak gaya dan elemen yang tampak tumpang tindih sehingga banyak tudingan jika ada unsur plagiat.

"Bukankah ini pada dasarnya hanya meniru aespa?" komentar netizen. "Aku bukan penggemar salah satu grup, tetapi gambar pertama benar-benar terlihat identik," ungkap netizen. "Hah...bukankah ini sama saja?" tulis netizen lainnya. "Sejujurnya, gambar pertama persis sama," komentar netizen yang lainnya.

Photo-INFO

Sumber: Allkpop


"Kenapa mereka sangat mirip?" tulis netizen yang lain. "Saat menonton versi CG dari Jennie, aku juga berpikir bahwa bagian Jennie itu lebih mirip Karina," cibir netizen lainnya.

Namun, setelah disandingkan antara konsep BLACKPINK dan aespa, penggemar dari girl grup Lisa cs ini menyatakan hal sebaliknya. Penggemar justru lebih setuju karena keduanya sama-sama mengambil genre tentang game sehingga karakter fantasinya terkesan mirip.

"Tapi aespa menyalinnya dulu," komentar netizen. "Kupikir aespa menyalin BLACKPINK," komentar lainnya. "Mengapa BLACKPINK bahkan menyalin aespa? Itu adalah lagu yang dibuat untuk sebuah game, itulah sebabnya mereka menggunakan grafik yang serupa," komentar netizen berpikiran positif.

"Aku tidak berpikir aku bisa mengatakan mereka meniru hanya karena memiliki rambut hitam, rambut pirang, dan rambut pendek. Mereka adalah gaya rambut yang umum," komentar yang lainnya. "Bukankah itu hanya untuk konsep game BLACKPINK?" tulis netizen lain.

Sementara itu, tidak dapat dipastikan apakah ada plagiasi dari konsep lagu kolaborasi "Ready for Love" yang dibawakan oleh BLACKPINK. Namun, perbedaan pendapat ini perlu diperhatikan mengingat bentuk plagiat apa pun dapat dikenai sanksi.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru