Tak Takut Ancaman Tiongkok, Nancy Pelosi Nekat Mendarat di Taiwan
Instagram/speakerpelosi
Dunia

Nancy Pelosi yang melakukan kunjungan ke Asia, terbang dengan pesawat militer AS ke Bandara Songshan Taipei, disambut pada saat kedatangan oleh menteri luar negeri Joseph Wu.

WowKeren - Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi telah mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8) malam. Langkah tersebut menentang serangkaian peringatan dan ancaman yang semakin keras dari Tiongkok yang telah membuat ketegangan antara dua negara adidaya dunia melonjak.

Pelosi yang berada di urutan kedua dalam kursi kepresidenan, adalah pejabat AS terpilih dengan profil tertinggi yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun. Tiongkok sebelumnya telah menjelaskan bahwa pihaknya menganggap kehadiran Pelosi sebagai provokasi besar, yang membuat kawasan itu gelisah.

Pelosi yang terbang dengan pesawat militer AS ke Bandara Songshan Taipei, disambut pada saat kedatangan oleh menteri luar negeri Joseph Wu. Pelosi saat ini sedang melakukan tur ke Asia.

Meskipun dia maupun kantornya tidak mengonfirmasi kunjungan ke Taipei, beberapa media AS dan Taiwan melaporkan hal itu akan terjadi yang mana hal ini memicu kemarahan dari Beijing. Bahkan menjelang kedatangan Pelosi, Tiongkok telah mengerahkan jet tempurnya ke Selat Taiwan.


"Pelanggaran kepercayaan AS pada masalah Taiwan adalah tercela," kata menteri luar negeri Tiongkok Wang Yi dalam komentar yang diterbitkan di situs web kementeriannya hari ini. Namun penyataan itu tidak secara khusus menyebut Pelosi.

Pelosi meninggalkan Kuala Lumpur hari ini setelah bertemu Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri dan Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah. Pesawat Pelosi kemudian mengambil rute memutar yang sengaja menghindari Laut Tiongkok Selatan yang diklaim Beijing sebelum menuju pantai timur Filipina.

Rencana perjalanannya mencakup pemberhentian di Korea Selatan dan Jepang, namun prospek perjalanan ke Taiwan telah menyita perhatian baru-baru ini. Pemerintah Taipei bahkan tetap diam tentang apakah Pelosi akan berkunjung atau tidak.

Kedatangan Pelosi tampaknya disambut antusias di sana. Melansir AFP, gedung pencakar langit Taipei 101 yang terkenal di ibu kota diterangi dengan kata-kata 'Pembicara Pelosi... Terima kasih' malam ini sebelum pesawatnya tiba. Kunjungan potensial Pelosi telah didahului oleh kesibukan aktivitas militer di seluruh kawasan yang menunjukkan betapa sensitifnya masalah Taiwan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru