Awalnya Iseng, Warga Blora Malah Temukan Benda Diduga Bom Seberat 50 Kg
Pixabay/Hans
Nasional

Seorang warga di Blora, Jawa Tengah, iseng melakukan pencarian setelah mendengar cerita dari sang kakek soal peninggalan sejarah di desa mereka. Siapa sangka, warga itu malah menemukan benda yang diduga bom.

WowKeren - Seorang warga di Desa Patalan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sepertinya tak menyangka akan menemukan benda seberat 50 kg gara-gara rasa penasarannya akan cerita sang kakek. Benda itu pun diduga merupakan sebuah bom.

Awalnya, pria bernama Kumaidi, warga Rt 02, Rw 07, Dukuh Karang Legi, Desa Patalan, Bolra itu mencoba memuaskan rasa penasarannya akan cerita sang kakek. Melansir Tribunnews.com, Kumaidi disebut mendapat cerita dari sang kakek soal peninggalan benda bersejarah yang terkubur di sekitar area persawahan dan pemakaman setempat.

"Iseng-iseng mencari, jam 09.00 WIB tadi menemukan benda ini ya dekat pemukiman warga," ungkap Kumaidi, melansir Tribunnews.com. "Memang ini cerita mbah-mbah dulu, ada pejuang dulu. Terus iseng cari di situ."

Penemuan itu pun kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian dan Kodim setempat. Benda seberat 50 kg itu tepatnya ditemukan pada Sabtu (6/8).


Kumaidin menemukan benda yang diduga bom tersebut di sekitar kedalaman 60-70 sentimeter. Ia menemukan benda tersebut saat melakukan pencarian iseng-iseng seorang diri. Dalam proses penemuan lokasi penggalian, Kumaidi juga menggunakan alat metal detector yang ia beli dengan harga sekitar Rp 500 ribu.

"Ada di kedalaman 60-70 sentimeter, beratnya sekira 50 kilogram," pungkas Kumaidi.

Setelah menemukan benda tersebut, Kumaidi pun mengajak teman untuk membantu mengangkatnya. Ia kemudian melaporkan penemuan tersebut kepada aparat setempat. Bentuk benda diduga bom tersebut mirip rudal yang dipakai untuk perang zaman dulu.

Setelah menerima laporan warga mengenai penemuan tersebut, pihak kepolisian dan Kodim pun langsung mendatangi lokasi. Saat ini police line sudah terpasan di lokasi TKP tempat penemuan benda tersebut guna mencegah warga.

Hingga kini masih belum bisa diketahui jenis dugaan ditemukan bom tersebut. Pasalnya, petugas terkait pun masih melakukan penyelidikan dan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk mencari tahu mengenai kebenaran benda tersebut. Benda-benda serupa peninggalan sejarah pun kemungkinan besar juga masih bakal ditemukan di sekitar lokasi.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts