Aktivitas Penerbangan Taiwan Kembali Normal Seperti Biasa di Tengah Latihan Militer Tiongkok
Dunia

Kementerian transportasi Taiwan mengatakan sebagian besar penerbangan terjadwal ke dan dari pulau itu terus beroperasi di tengah latihan militer Tiongkok yang berlangsung.

WowKeren - Lalu lintas udara di sekitar Taiwan secara bertahap kembali normal setelah wilayah udara di sekitar pulau itu dibuka kembali. Hal itu sebagaimana diumumkan oleh Kementerian Transportasi dan Komunikasi pada Senin (8/8).

Sebagaimana diketahui, pekan lalu, Tiongkok telah mengerahkan sejumlah pesawat dan menembakkan peluru kendali di dekat pulau itu selama latihan militer. Gagasan latihan militer itu muncul dipicu oleh kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Alhasil, latihan militer tersebut menyebabkan sejumlah maskapai membatalkan penerbangan ke Taipei. Mereka juga mengubah jalur penerbangan antara Asia Tenggara dan Asia Timur Laut untuk menghindari daerah yang terkena dampak.

Pemberitahuan yang dikeluarkan Beijing untuk penerbang (NOTAM) telah menyatakan daerah bahaya sementara bagi maskapai penerbangan untuk dihindari selama latihan yang mengelilingi sebagian besar Taiwan. NOTAM terakhir yang mencakup bagian wilayah udara timur pulau itu berakhir kemarin pukul 02.00 GMT dan tidak diperpanjang.


Pada Senin, Tiongkok mengumumkan latihan baru di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan namun mereka tidak memberikan lokasi spesifiknya. Tidak ada NOTAM baru yang dikeluarkan dan tidak ada tanda-tanda pada layanan pelacakan penerbangan FlightRadar24 dari maskapai yang menyesuaikan rute.

Kementerian transportasi Taiwan mengatakan sebagian besar penerbangan terjadwal ke dan dari pulau itu terus beroperasi di tengah latihan militer Tiongkok yang berlangsung, yang dimulai pada 4 Agustus. Setelah NOTAM terakhir dicabut, jumlah penerbangan yang transit melalui wilayah udara yang dikelola pengontrolnya secara bertahap kembali normal.

Sejumlah maskapai asing memilih untuk mengambil rute alternatif melalui area yang dikelola oleh Jepang dan Filipina saat latihan militer itu berlangsung. Korean Air Lines Co Ltd, telah membatalkan penerbangan ke Taipei pada hari Jumat dan Sabtu lalu dan mengalihkan rute lainnya untuk menghindari daerah yang terkena dampak. Pada Senin, maskapai itu mengatakan telah melanjutkan operasi penerbangan normal.

Philippine Airlines mengatakan akan mengembalikan penerbangannya ke dan dari Taipei ke rute normal mereka. Begitu juga dengan ANA Holdings Inc Jepang yang telah melanjutkan rute normal.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait