Disebut Ridwan Kamil 'OTW Jabar', Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diuji Coba Saat Summit G20
Instagram/ridwankamil
Nasional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa 11 rangkaian lokomotif dan gerbongnya sudah selesai dikerjakan di pabriknya di Qingdao, Tiongkok, dan kini sedang dikirim ke Jabar.

WowKeren - Rangkaian electric multiple unit (EMU) untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah mulai dikirim dari Tiongkok. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa 11 rangkaian kereta sedang dikirim ke Jabar.

"Kereta cepat Jakarta-Bandung, 11 set lokomotif dan gerbongnya sudah selesai di pabriknya di Qingdao Tiongkok. Sedang OTW menuju Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram resminya, Senin (8/8).

Sebelum resmi beroperasi, kereta cepat tersebut tentunya akan menjalani uji coba terlebih dahulu. Menurut Ridwan Kamil, uji coba satu set kereta cepat akan digelar pada pertemuan G20 di bulan November 2022 mendatang.

"Uji coba 1 set saat summit G20 di November, dan kemudian berbagai tes dilakukan setelahnya sampai nanti saat dioperasikan penuh di Juni 2023," terang Ridwan Kamil.


Lebih lanjut, Ridwan Kamil membanggakan interior kereta yang bertema batik Megamendung khas Cirebon, Jabar. Mantan Wali Kota Bandung tersebut berharap agar proyek pembangunan KCJB dapat berjalan lancar.

"Interior dengan tema batik megamendung juga terlihat sudah diaplikasikan," tambahnya. "Semoga lancar dan menjadi kebanggaan kita semua memiliki kereta api cepat atau high speed rail pertama di ASEAN. Kecepatan maksimal 350 km/jam."

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet menjelaskan bahwa pengiriman perdana EMU dan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi menjadi langkah penting dalam upaya penyelesaian proyek KCJB. "Pengiriman perdana EMU dan CIT akan menandai sejarah pertama kalinya pengiriman EMU kereta cepat dari China ke luar negeri," jelas Dwiyana.

Rangkaian EMU dan CIT KCJB disebut turut dirancang sesuai kondisi geologis Pulau Jawa. Teknologi canggih berupa disaster monitoring membuat kereta itu tak hanya bisa melesat cepat, namun juga memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang sangat tinggi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait