Gunung Raung Masih Berstatus Waspada, Pendaki Dilarang Kibarkan Bendera di Puncak Saat HUT RI ke-77
Instagram/mt.raung_basecampbusoeto
Nasional
HUT RI Ke-77

Momen perayaan HUT RI biasanya dimanfaatkan oleh para pendaki untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung, salah satunya Gunung Raung. Namun hingga saat ini Gunung Raung masih berstatus Waspada.

WowKeren - Status Gunung Raung di Jawa Timur sebelumnya telah dinaikkan dari Level I atau Normal menjadi Level II atau Waspada. Hal ini ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM lantaran kondisi di kawah Gunung Raung belum stabil.

Sementara itu, setiap peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) para pendaki kerap mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Raung. Gunung dengan ketinggian 3.332 mdpl itu memang menjadi primadona lantaran memiliki jalur ekstrem.

Sehingga, ada tantangan tersendiri bagi para pendaki ketika merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di Gunung Raung. Akan tetapi, melihat status Gunung Raung yang hingga saat ini masih berada pada Level Waspada, maka pengibaran bendera Merah Putih saat perayaan HUT RI ke-77 di puncak gunung dilarang.


Terkait hal tersebut, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo bahkan mengungkapkan bahwa status waspada Gunung Raung belum dicabut. Meski hingga saat ini kondisi Gunung Raung disebut tidak mengeluarkan gejala letusan, namun rekomendasi masih sama karena status masih Waspada.

Sebagai informasi, peningkatan status Gunung Raung ke Level II atau Waspada itu tertuang dalam Surat Edaran Badan Geologi pada E380.Lap/GL.05/BGL/2022, tertanggal 29 Juli 2022. Pada surat edaran ini, diketahui juga memuat rekomendasi terkait dengan antisipasi erupsi Gunung Raung.

Mukijo lantas membeberkan beberapa rekomendasi yang tertuang dalam surat edaran tersebut yakni masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak diizinkan untuk mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 km. "Untuk itu, pendakian juga tidak diperkenankan dilakukan, termasuk itu (pengibaran bendera Merah Putih saat HUT RI ke-77)," jelas Mukijo dalam keterangannya, dilihat melalui Liputan6.com, Rabu (10/8).

Di sisi lain, Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabbar menambahkan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan pelarangan pendakian di Gunung Raung melalui Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru. Abdul pun menegaskan bahwa pos pendakian ditutup, dan tidak ada pendakian selama status masih waspada.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait