Banjir Terparah Seoul Dalam 80 Tahun Terakhir, 10 Seleb Korea Ini Kirim Donasi Fantastis
Instagram
Selebriti

Sekitar 11 orang dinyatakan meninggal dan 8 lainnya masih hilang akibat banjir Seoul. Sebagai bentuk solidaritas, sederet selebriti Korea Selatan mulai dilaporkan ikut berdonasi kepada korban.

WowKeren - Korea Selatan tepatnya di kota Seoul kini sedang menghadapi musibah banjir karena curah hujan yang begitu besar. Media setempat melaporkan bahwa banjir kali ini merupakan yang terparah di Seoul sejak 80 tahun terakhir.

Banjir menggenangi jalan-jalan dan stasiun kereta bawah tanah hingga menyebabkan pemadaman listrik. Menurut laporan terakhir yang dirilis pada 11 Agustus kemarin, sekitar 11 orang dinyatakan meninggal dan 8 lainnya masih hilang akibat banjir itu.

Sebagai bentuk solidaritas, sederet selebriti Korea Selatan mulai dilaporkan ikut berdonasi kepada para korban banjir. Beberapa di antara mereka bahkan mengirimikan donasi dengan jumlah fantasis. Simak daftarnya berikut ini:

1. IU

IU dilaporkan telah mendonasikan uang 100 juta won (sekitar Rp1,1 miliar) yang disalurkan melalui Hope Bridge National Disaster Relief Association. Donasi itu diharapkan dapat membantu para korban dan pemulihan daerah yang rusak akibat hujan deras.

IU menjadi salah satu selebriti yang konsisten menyumbang. Pada 2020, cewek kelahiran tahun 1993 itu juga menyumbangkan 100 juta won untuk mendukung daerah yang rusak akibat hujan lebat dan korban banjir.

Tahun lalu, IU juga menyumbang untuk mendukung pemulihan dari kebakaran hutan. Tahun 2022 ini, pelantun lagu "Palette" itu juga menyebarkan pengaruh baiknya dengan menyumbang kepada mereka yang membutuhkan.

2. Suzy

Suzy memberikan donasi 100 juta won (sekitar Rp1,1 miliar). Pimpinan Hope Bridge Korea Disaster Relief Association mengatakan, "Suzy telah mempercayakan 100 juta won untuk membantu mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh hujan lebat yang berpusat di wilayah tengah."

Suzy memutuskan untuk menyumbang untuk membantu para korban yang kehilangan mata pencaharian karena hujan deras yang tiba-tiba. Asosiasi berencana menggunakan donasi itu untuk pemulihan kerusakan, persediaan bantuan, dan dukungan perumahan.

Pihak Hope Bridge Korea Disaster Relief Association juga mengatakan, "Aku sangat berterima kasih atas dedikasi dan bantuan semua orang yang memberikan keberanian kepada tetangga yang putus asa, termasuk Suzy."

3. Yoo Jae Seok

Yoo Jae Seok dilaporkan memberikan donasi 100 juta won (sekitar Rp1,1 miliar). Hope Bridge Korea Disaster Relief Association mengungkap bahwa sumbangan sang MC Nasional digunakan untuk membantu memulihkan daerah yang terkena hujan lebat.

Agensi Yoo Jae Seok yakni Antenna mengatakan, "Setelah mendengar berita tentang tetangga yang kehilangan rumah karena hujan deras, Yoo Jae Seok memberikan donasi dengan harapan para korban dapat kembali ke kehidupan sehari-hari mereka sesegera mungkin."

4. Kim Go Eun

Kim Go Eun menjadi selebriti berikutnya yang memberikan donasi. Menurut informasi Hope Bridge Korea Disaster Relief Association, sang aktris menyumbangkan dana 50 juta won (sekitar Rp564 juta) untuk pemulihan kerusakan, persediaan bantuan, dan dukungan perumahan.

Seorang sumber dari agensi BH Entertainment mengatakan, "Kim Go Eun memutuskan untuk berdonasi dengan harapan tetangga yang mengalami hujan lebat dapat kembali ke kehidupan sehari-hari mereka sesegera mungkin."

Sedangkan pihak Hope Bridge Korea Disaster Relief Association mengungkap, "Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa tangan hangat yang telah diberikan Kim Go Eun kepada para korban tersampaikan sepenuhnya."

5. Siwan


Hope Bridge Korea Disaster Relief Association mengungkap bahwa Siwan menyumbangkan 20 juta won (sekitar Rp225 juta) untuk upaya bantuan banjir. Dana itu untuk membantu para korban dan perbaikan kerusakan akibat hujan deras.

Sumber dari Hope Bridge Korea Disaster Relief Association mengucapkan rasa syukurnya pada sang aktor mengatakan, "Kami berterima kasih atas sikap bijaksana Im Siwan kepada penduduk daerah yang terkena dampak."

Ini bukan pertama kalinya Siwan memberikan donasi. Awal tahun 2022 ini, bintang film "Emergency Declaration" itu membantu para korban yang terkena dampak kebakaran hutan di pantai timur Korea dan memberikan sumbangan untuk mendukung rakyat Ukraina.

6. Han Ji Min

Han Ji Min dilaporkan memberikan sumbangan sekitar 50 juta won (sekitar Rp564 juta) melalui Seoul Community Chest of Korea (Seoul Fruit of Love). "Han Ji Min menyumbangkan 50 juta won untuk fasilitas kesejahteraan bagi penyandang cacat," ujar komunitas itu.

Ketika memberikan donasi, Han Ji Min mengatakan, "Aku mengetahui fasilitas kesejahteraan bagi penyandang cacat parah melalui berita, dan mendengar berita bahwa fasilitas tersebut mengalami kerusakan akibat banjir beberapa hari yang lalu, jadi aku memutuskan untuk menyumbang."

7. Kang Seung Yoon WINNER

Menurut laporan media setempat pada 11 Agustus, Kang Seung Yoon WINNER (II) mengirimkan sumbangan kepada Hope Bridge Korea Disaster Relief Association, meminta sumbangan itu digunakan untuk para korban banjir.

Hope Bridge Korea Disaster Relief Association, "Kang Seung Yooon menyerahkan 50 juta won (sekitar Rp564 juta) kepada asosiasi kami." Sebelumnya, member WINNER lainnya yakni Kim Jin Woo juga sudah berdonasi sekitar 10 juta won (sekitar Rp113 juta) kepada Asosiasi yang sama.

8. PSY

Palang Merah Korea mengumumkan PSY telah menyumbangkan 100 juta won (sekitar Rp1,1 miliar) untuk mendukung upaya bantuan bagi korban hujan lebat di wilayah tengah. Palang Merah juga mengungkap alasan PSY memberikan donasi.

PSY dikatakan berkata, "Aku memutuskan untuk menyumbang untuk berbagi rasa sakit para tetangga yang kehilangan rumah mereka karena hujan deras yang tiba-tiba dan untuk membantu bahkan sedikit dalam kegiatan pemulihan di daerah yang rusak."

Donasi yang disumbangkan oleh pelantun "That, That" itu akan digunakan untuk kegiatan bantuan darurat bagi para korban melalui cabang Palang Merah setempat seperti Seoul, Gyeonggi, dan Incheon di mana hujan deras telah terjadi.

9. Kim Hye Soo

Pada 11 Agustus lalu, Kim Hye Soo memberikan sumbangan 100 juta won (sekitar Rp1,1 miliar) untuk membantu para korban banjir yang mengalami kesulitan hidup dan memulihkan daerah yang rusak akibat rekor hujan lebat.

Kim Hye Soo juga sempat membagikan artikel tentang kematian keluarga dengan cacat perkembangan yang tinggal di rumah semi-basement di media sosial. Ia mengungkapkan rasa kasihannya kepada para korban banjir yang mengalami kerusakan akibat hujan deras.

Kim Hye Soo mengungkapkan rasa prihatinnya dengan menulis, "Jumlah korban tewas dan hilang terus bertambah. Bagi yang berada di luar, harap pulang dengan selamat dan agar tidak ada kerusakan lebih lanjut."

10. Jinyoung GOT7

Hope Bridge Korea Disaster Relief Association juga mengungkap bahwa, "Park Jin Young (Jinyoung GOT7) telah menyumbang 30 juta won (sekitar Rp338 juta) ke daerah yang dilanda banjir." Donasi itu akan digunakan untuk membantu para korban dan memulihkan daerah yang rusak akibat hujan deras.

Menurut Hope Bridge Korea Disaster Relief Association, Jinyoung menyumbang untuk pemulihan harian para korban yang kehilangan mata pencaharian karena hujan deras. "Kami berterima kasih atas hati hangat Park Jinyoung terhadap penduduk daerah yang terkena dampak banjir," ungkap Asosiasi itu.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait