Situs Kostrad Diduga Diretas Hacker India, TNI AD Lakukan Ini
Pixabay/Ilustrasi
Nasional

Saat mencari Kostrad di Google, tampilan awal menunjukkan tulisan 'INDIAN CYBRR MAFIA WAS HERE'. Kala situs tersebut dibuka, terdapat tulisan 'WEBSITE UNDER MAINTENANCE'.

WowKeren - Situs resmi Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dikabarkan terkena hack alias diretas. Pada Senin (15/8) sore, situs tersebut tidak dapat diakses.

Saat mencari Kostrad di Google, tampilan awal menunjukkan tulisan "INDIAN CYBRR MAFIA WAS HERE". Kala situs tersebut dibuka, terdapat tulisan "WEBSITE UNDER MAINTENANCE".

Situs Kostrad Diduga Diretas Hacker India, TNI AD Lakukan Ini, Situs Kostrad Diduga Diretas Hacker India, TNI AD Lakukan Ini, Situs Kostrad Diduga Diretas Hacker India, TNI AD Lakukan Ini

https://tni-ad.mil.id/

Kekinian, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AD, Brigjen TNI Tatang Subarna, menyatakan bahwa tim cyber TNI AD tengah menangani peretasan tersebut. Data yang dimiliki juga dipastikan aman.

"Sejauh ini data-data aman, namun tampilan depan yang berubah dan tidak bisa diakses," ungkapnya, Senin.


Menurut Tatang, situs tersebut diretas oleh kelompok yang menamakan diri Indian Cyber Mafia. "Situs tersebut telah diretas oleh kelompok yang mengatasnamakan Indian Cyber Mafia," katanya kepada CNN Indonesia.

Atas peretasan tersebut, situs Kostrad dimatikan dulu untuk sementara. "Kasus ini sudah ditindaklanjuti oleh tim Cyber, dan untuk sementara waktu situs Kostrad dimatikan dulu," jelasnya.

Sebagai informasi, Kostrad merupakan satuan prajurit TNI AD yang bisa beroperasi kapan saja sesuai tugas Panglima TNI. Kostrad bertugas untuk membina kesiapan operasional dan menyelenggarakan operasi pertahanan sesuai kebijakan Panglima TNI.

Fungsi utama Kostrad adalah melakukan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan/atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk mendukung tugas pokok Kostrad. Selain itu, Kostrad juga memiliki fungsi organik TNI AD yang meliputi intelijen, operasi, sumber daya manusia, logistik, teritorial, perencanaan, pengawasan dan pemeriksaan.

Adapun salah satu keistimewaan Kostrad adalah pasukan elite bernama Kompi Intai Tempur alias Taipur. Pasukan tersebut memiliki spesialisasi dalam mensabotase ataupun intelijen serta operasi tempur dalam misi operasi khusus.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait