Panik-Loncat dari Kereta Saat Dikepung Kebakaran Hutan di Spanyol, 20 Penumpang Alami Luka Bakar
Pixabay/photo-graphe
Dunia

Para penumpang kereta api panik hingga nekat loncat dari kendaraan itu gara-gara kebakaran hutan di Spanyol. Padahal masinis sedang berusaha menyelamatkan mereka dari bahaya.

WowKeren - Kebakaran hutan hingga kini masih terus melanda sebagian wilayah di Eropa, Spanyol salah satunya. Kebakaran hutan yang ada di Spanyol juga menyebabkan insiden kereta api di kawasan timur laut Spanyol.

Setidaknya ada sebanyak 20 penumpang kereta api yang menderita luka bakar, tiga di antaranya serius dalam peristiwa itu. Mereka terluka setelah panik dan melompat dari kereta api yang dilalap kebakaran hutan di dekat Castellón di timur laut Spanyol .

Melansir The Guardian, kereta yang sedang dalam perjalanan dari Sagunto di provinsi timur Valencia ke Zaragoza itu tiba-tiba berhenti. Masinis kereta melihat bahwa ada api dan menilai bahwa terlalu berbahaya untuk melanjutkan perjalanan itu. Ia pun sudah bersiap untuk membalikkan kereta.

Namun, sejumlah penumpang, yang khawatir kereta akan dilalap api, panik dan melarikan diri setelah memecahkan kaca untuk melarikan diri. Nahasnya, mereka malah terluka akibat api itu.


Dua dari mereka dengan luka bakar paling serius dievakuasi dengan helikopter. Sementara yang lain, di antaranya seorang gadis muda berusia sekitar 10 tahun, dibawa ke rumah sakit terdekat. Menurut layanan darurat, seorang wanita berusia 58 tahun termasuk di antara mereka yang menterita luka bakar terparan setelah melarikan diri dari kereta api.

Kereta, dengan 48 penumpang di dalamnya, berhenti dan sebelum pengemudi berhasil mundur dari api, beberapa penumpang memecahkan jendela dan melarikan diri ke rel.

"Begitu mereka melihat bahwa mereka dikelilingi oleh api, mereka kembali ke kereta dan beberapa dari mereka menderita luka bakar," kata juru bicara perusahaan kereta api Spanyol Renfe.

Presiden Valencia, Ximo Puig, mengatakan bahwa lebih dari seribu orang telah dievakuasi dari rumah mereka saat angin kencang mengipasi api di Bejís, Valencia. Menambahkan bahwa dua petugas pemadam kebakaran juga menderita luka bakar.

Valencia adalah wilayah terbaru yang mengalami kebakaran hutan parah selama gelombang panas berkepanjangan di Spanyol yang menyebabkan puluhan ribu hektar hutan hancur. Kebakaran Bejí telah menghabiskan 800 hektar (1.900 hektar) sementara di tempat lain di provinsi ini kebakaran di Vall d'Ebo terus membakar di luar kendali setelah meratakan 11.000 hektar hutan.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts