Rayakan HUT RI ke-77 di Puncak Bawakaraeng, Seorang Pendaki Hilang
Pixabay/Ady_Fauzan
Nasional

Seorang pendaki dilaporkan hilang setelah mengikuti peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Gunung Bawakaraeng, Sulsel. Petugas dari tim SAR saat ini masih berupaya mencari pendaki tersebut.

WowKeren - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 pada Rabu (17/8) lalu juga turut dirayakan di sejumlah gunung di Tanah Air. Termasuk puncak Gunung Bawakaraeng yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Namun rupanya kegiatan itu menyisakan sebuah persoalan.

Seorang pendaki yang ikut merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8) lalu dilaporkan hilang. Pendaku yang hilang diketahui bernama Nhiel berusia 38 tahun. Nhiel hilang setelah terpisah dari rombongannya pada Rabu lalu.

"Iya benar, ada informasi dari pendaki yang sempat ketemu dengan korban di pos 10 tanggal 17 Agustus," ujar Djunaidi selaku Kepala Basarnas Makassar pada Jumat (19/8), melansir CNNIndonesia.com.

Hingga saat ini petugas dari tim SAR (search and rescue) masih berubaya untuk mencari korban yang hilang. Pencarian akan dilakukan dengan teknik ESAR untuk menangani korban tersesat atau hilang saat melakukan penjelajahan alam bebas.


Nhiel diketahui merupakan anggota dari salah satu komunitas pencinta alam. Djunaidi mengungkap bahwa korban terakhir kali terlihat ada di pos 8 dan pos 7 di lereng Gunung Bawakaraeng. Setelah itu, korban pun tak terlihat lagi hingga saat ini.

"Tim SAR sudah melakukan pencarian dibantu potensi SAR. Pencarian hari ini akan dilakukan dengan teknik ESAR untuk menangani korban yang tersesat atau hilang saat melakukan penjelajahan di alam bebas," terang Djunaidi.

Gunung Bawakaraeng memang menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 rabu (17//8) kemarin. Tercatat ada sebanya 2.065 orang pendaki yang berada di kawasan Gunung Bawakaraeng untuk ikut memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Ribuan pendaki itu terbagi pada dua lokasi. 1.227 orang berada di lokasi Lembah Ramma, sementara 788 pendaki yang lain berada di Gunung Bawakaraeng.

Peringatan HUT RI ke-77 tahun ini memang cukup istimewa. Pasalnya, untuk pertama kalinya setelah pandemi COVID-19, peringatan HUT RI bisa dilaksanakan dengan meriah. Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pun sudah bisa kembali dilaksanakan seperti semula.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait