Presiden Terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal Dunia
Dunia

Mikhail Gorbachev, presiden terakhir Uni Soviet yang telah berhasil mengakhiri Perang Dingin mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (30/8) di usia 91 tahun.

WowKeren - Presiden terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev meninggal dunia pada Selasa (30/8) di usia 91 tahun. Pejabat rumah sakit menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Gorbachev meninggal setelah berjuang dengan penyakit yang serius dan berkepanjangan.

"Mikhail Gorbachev meninggal malam ini setelah penyakit yang serius dan berkepanjangan," kata Rumah Sakit Klinis Pusat Rusia.

Kantor berita Tass melaporkan Gorbachev akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999. Selama hidupnya, Gorbachev pernah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1990.

Presiden Rusia Valdimir Putin menyampaikan belasungkawa terdalamnya atas kematian Gorbachev, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada kantor berita Interfax. "Besok dia akan mengirim telegram belasungkawa kepada keluarga dan teman-temannya," katanya.


Gorbachev telah berhasil mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah namun sayangnya ia gagal mencegah keruntuhan Uni Soviet. Ia menjalin kesepakatan pengurangan senjata dengan Amerika Serikat dan kemitraan dengan kekuatan Barat untuk menghapus Tirai Besi yang telah membagi Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Sayangnya, reformasi internalnya yang meluas justru mendorong pelemahan Uni Soviet hingga membuatnya runtuh. Vladimir menyebut momen ini sebagai bencana geopolitik terbesar abad kedua puluh. Sementara itu, Putin, mengatakan pada tahun 2018 silam bahwa dia akan mengembalikan keruntuhan Uni Soviet jika bisa.

Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Gorbachev telah membuka jalan bagi Eropa yang bebas. Sedangkan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, "komitmen tak kenal lelah Gorbachev untuk membuka masyarakat Soviet tetap menjadi contoh bagi kita semua."

Ekonom liberal Ruslan Grinberg mengatakan kepada outlet berita angkatan bersenjata Zvezda usai menjenguk Gorbachev di rumah sakit pada bulan Juni, "Dia memberi kita semua kebebasan tetapi kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan itu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru