Kemenkes Nyatakan Pasien Pertama Cacar Monyet di Indonesia Sembuh
Pexels
Nasional

Sebelumnya, Kemenkes telah mengumumkan pasien pertama cacar monyet di Indonesia. Namun kini, Kemenkes membawa kabar baik terkait pasien cacar monyet tersebut.

WowKeren - Pasien pertama cacar monyet alias monkeypox di Indonesia yang sebelumnya dikabarkan telah sembuh, kini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan bahwa pasien tersebut dinyatakan sudah pulih. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes Muhammad Syahril dalam konferensi pers pada Jumat (16/9).

Syahril menerangkan setelah melakukan isolasi selama dua minggu, pasien cacar monyet itu telah kembali beraktivitas pada 4 September 2022. "Alhamdulillah tanggal 4 September dinyatakan selesai isolasi dan sekarang sudah bisa melakukan aktivitas seperti sebelumnya, artinya pasien sudah dinyatakan sehat," ujar Syahril.

Sementara untuk ketiga orang yang kontak erat dengan pasien, kata Syahril, juga melakukan testing dan surveilans. Hasilnya menunjukkan mereka dipastikan sehat dan tidak menunjukkan gejala cacar monyet. Artinya, semuanya dinyatakan sehat dan tidak ada konfirmasi positif atau bergejala cacar monyet.


Sebagaimana diketahui, Kemenkes sebelumnya telah mengumumkan adanya kasus cacar monyet pertama di Indonesia pada 20 Agustus 2022 lalu. Pasien cacar monyet ini dinyatakan positif berdasarkan hasil tes PCR pada 19 Agustus 2022 malam.

Pada saat itu, Syahril mengatakan bahwa pasien tersebut merupakan laki-laki berusia 27 tahun berasal dari DKI Jakarta. Pasien ini diketahui kembali ke Indonesia usai melakukan perjalanan di Eropa Barat pada 8 Agustus 2022.

Syahril mengungkapkan pada kala itu pasien cacar monyet itu merasakan muncul gejala seperti demam dan pembesaran kelenjar limpe pada 14 Agustus 2022, atau 7 hari setelah tiba di Tanah Air. Kemudian pada 16 Agustus 2022, muncul ruam cacar di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian alat genital.

Lalu dua hari setelahnya, petugas kesehatan mendatangi pasien tersebut untuk mengambil sampel cairan ruam guna dilakukan tes PCR. Kemudian pada 19 Agustus 2022, hasil pemeriksaannya pun keluar dan dinyatakan positif cacar monyet, dan pasien tersebut pun langsung menjalani isolasi mandiri.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait