Soal Wamil BTS, Saham HYBE Gonjang-ganjing Kali Ini Gegara Hasil Survey Opini Publik
Twitter/bts_bighit
Selebriti
Wamil BTS

Wajib militer BTS hingga saat ini masih menjadi bahasan baik di antara fans, masyarakat umum, hingga pejabat setengah. Saham HYBE mengalami gonjang-ganjing seperti ini karena pemberitaan yang beredar.

WowKeren - Wajib militer BTS bukan hanya menjadi fokus para penggemar, melainkan juga para investor. Saham HYBE sebagai label pun diduga ikut gonjang-ganjing karena belum ada keputusan final soal tugas wamil para member.

Pada Juni, harga saham HYBE anjlok tajam setelah BTS mengumumkan akan fokus pada kegiatan solo dan menangguhkan sementara aktivitas grup. Kala itu, saham HYBE turun sekitar 25 persen kehilangan kapitalisasi pasar sebesar 2,00 triliun won (Rp21,5 triliun).

Dari harga tertinggi 294 ribu won (Rp3,1 juta), saham turun lebih dari separuhnya yakni di angka 145 ribu won (Rp1,5 juta). Setelah itu dijelaskan bahwa BTS tidak benar-benar hiatus, hanya menambahkan lebih banyak aktivitas solo.

Pada 19 September, harga saham HYBE naik 2,27 persen sebagai buntut hasil survei opini publik. Sebagian besar responsen menyetujui layanan militer alternatif untuk BTS.

Survei Realmeter mempunyai 1.082 responden berusia di atas 18 tahun dan dilakukan mulai 14 hingga 15 September. Sebagai hasil, survei menemukan bahwa 60,9 persen responden mendukung revisi Undang-Undang Dinas Militer Korea Selatan.


RUU itu memungkinkan artis yang diakui mengangkat reputasi negara secara global untuk menjalankan wamil melalui layanan alternatif. Sejauh ini, hanya musisi klasik atau atlet yang menerima penghargaan kelas dunia yang masuk ke dalam pertimbangan.

Sebelumnya pada 31 Agustus, menteri pertahanan Lee Jong Sup mengatakan pertemuan komite pertahanan parlemen bahwa kementerian berencana memutuskan pengecualian wamil member BTS berdasar hasil jajak pendapat publik. Akibatnya, harga saham HYBE meningkat 6,76 persen, berakhir pada 182 ribu won (Rp1,9 juta).

Namun meningkatnya harga saham hanya berlangsung singkat. Setelah menteri pertahanan merevisi komentar tentang tidak ada konfimrasi tentang hasil jajak pendapat publik akan tercermin dalam keputusan resmi pemerintah, saham terjun bebaas 8,2 persen.

Kemudian harga saham kembali turun 4,18 persen setelah hasil jajak pendapat lain yang dialkukan harian lokal keluar pada 6 September. 54,1 responden mengatakan bahwa member BTS harus menjalani wajib militer mereka.

Sementara itu, member BTS seperti Jin sudah akan berusia 30 tahun pada Desember mendatang namun belum ada arahan jelas soal wamil. Terlepas dari revisi Undang-Undang Dinas Militer meminta artis pop menjalankan tugas altrenatif, RUU lain bertujuan meningkatkan batas usia menjadi 33 tahun juga diusulkan di Majelis Nasional.

(wk/inta)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait