Dinilai Tak Manusiawi, KCON 2022 Arab Saudi Tuai Keras Usai Terbangkan Artis Terlalu Mepet
Musik

Meski sudah digelar dengan sukses, KCON 2022 menuai kritik dari media setempat karena tidak bisa menerbangkan para artis K-Pop ini tepat waktu. CJ ENM pun dinilai tidak manusiawi karenanya.

WowKeren - KCON 2022 Arab Saudi telah sukses digelar selama dua hari pada 30 September dan 1 Oktober. Terlepas dari kesuksesannya, media setempat Sport Chosun mengkritik keras pihak penyelenggara yakni CJ ENM karena pengaturan waktu penerbangan para artis hingga berujung pada perlakuan tak manusiawi.

Selain yang punya jadwal luar negeri, THE BOYZ, Sunmi, Rain, PENTAGON, P1Harmony, SECRET NUMBER, ATEEZ, NewJeans Hyorin eks SISTAR, STAYC, Oneus dan TO1 dijadwalkan berkumpul di Bandara Internasional Incheon pada 29 September pukul 9:00 KST. Rencananya mereka akan terbang dengan pesawat carteran.

Namun rupanya ada masalah tentang izin sewa pesawat. CJ ENM mengeluarkan pemberitahuan mendadak bahwa mereka tidak bisa terbang pukul 23:00 dan 1:00 dini hari pada tanggal itu.

Pada artis diberitahu bisa berangkat pukul 13:00 KST pada 30 September. Bahkan pengumuman itu baru disampaikan pada pukul 11:00 usai ada pertemuan pukul 7:00 pagi.

Para artis yang tidak bisa berbuat apa-apa dan dalam keadaan siaga, buru-buru naik pesawat pada hari pertunjukan. Mereka tiba pukul 8:00 waktu Arab Saudi.

Sebelum pertunjukan dimulai, penyesuaian sangat penting namun para artis tidak punya banyak waktu luang. Setelah duduk lebih dari 12 jam penerbangan, mereka langsung ke venue konser.


Situasi tidak jauh berbeda bagi artis yang datang langsung ke Arab Saudi setelah jadwal luar negeri. Karena keberangkatan pesawat carteran terus ditunda, pertunjukan sendiri bisa saja dibatalkan.

Pada hari pertama, para artis tidak bisa berlatih dengan baik karena waktunya sangat mepet. Bahkan jika panggung sudah diatur, tidak ada bedanya dengan berdiri tanpa ada waktu melihat atau beradaptasi dengan panggung. Mereka akhirnya bisa menyelesaikan konser dengan skill para artis sendiri, menurut Sport Chosun tidak ada hubungannya dengan pertimbangan CJ ENM.

Sport Chosun menyayangkan ketidakmampuan CJ ENM mengamankan penerbangan. Jika mereka tahu bahwa tidak ada penerbangan langsung ke Arab Saudi, harusnya CJ ENM bisa bergerak lebih cepat dan memutuskan untuk pergi dengan cara tergesa-gesa. Apalagi birokrasi dan prosedur pesawat sewaan sendiri sangat rumit.

Mereka menilai CJ ENM harus meminta maaf secara resmi pada artis, namun mereka malah bertindak sewenang-wenang. Penyelenggara hanya bicara tentang penundaan jadwal Meet and Greet dari hari pertama ke berikutnya.

Meski ada beberapa pihak menyebutkan pemilihan CJ ENM menyarter pesawat adalah keistimewaan, Sport Chosun menganggap itu tidak sepadan dengan waktu para artis. Apalagi sebelum berangkat mereka diam saja tanpa kepastian sebelum tampil tanpa istirahat yang cukup.

Sebagai penutup, Sport Chosun menilai KCON 2022 bisa menjadi peluang bagi artis K-Pop terutama para rookie memperluas aktivitas luar negeri. Meski begitu, tetap harus ada evaluasi agar acara ini lebih menghargai para penyanyinya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru