Menjaga Gizi Seimbang Jika Hanya Konsumsi Buah dan Sayur
pexels/Cats Coming
Health

Banyak orang kebablasan mengurangi porsi makan sampai tubuh mengalami kekurangan nutrisi. Bagaimana cara menjaga pola makan diet agar tetap bernutrisi seimbang? Ini ulasan Zhiya Maulana selengkapnya!

WowKeren - Pada beberapa kasus, ada anggapan bahwa konsumsi buah dan sayur bisa mempercepat proses diet. Meski anggapan ini tidak sepenuhnya salah, namun Zhiya mengingatkan agar para pemula harus tetap memperhatikan kandungan nutrisinya. Hal ini disebabkan karena mayoritas sayur dan buah hanya mengandung karbohidrat saja.

"Kalau cuma makan sayur dan buah saja, enggak bisa seimbang karena kebutuhan protein bisa jadi enggak terpenuhi. Karena 90% buah itu karbohidrat. Misalnya kita setuju bahwa buah-buahan itu sehat. Kalau kita enggak makan gorengan dan daging merah tapi makan pisang 30 buah dalam satu hari, sama saja berat badan pasti naik walaupun itu buah-buahan," terang Zhiya. "Karena pisang itu karbohidrat doang, Jadi, tetap kita harus perhatikan kalori dan gizinya. Lemak dan protein bisa didapatkan di alpukat tapi kalorinya besar. "

Zhiya juga menambahkan bahwa saat seseorang ingin diet dengan hanya mengonsumsi buah dan sayur, jangan lupakan untuk tetap memperhitungkan kandungan protein. "Jadi, kalau misalnya mau fat loss dengan hanya makan sayur dan buah kemungkinan proteinnya juga akan kurang. Gimana pun protein harus tetap dipenuhi," papar Zhiya. "Terus kalau konteksnya diet vegan apakah masih bisa seimbang? Bisa, karena proteinnya masih bisa didapatkan dari tahu dan tempe. Beberapa juga masih boleh konsumsi telur dan susu. Zaman sekarang juga sudah ada suplemen, jadi bisa memudahkan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru