Post Fanbase Indonesia, Koreografer ATEEZ Kritik Vata Plagiat di 'Street Man Fighter'
Instagram/ateez_official_/vata_500
Selebriti

Koreografer ATEEZ ikut angkat bicara terkait dengan dugaan leader WDBZ, Vata yang telah memplagiat koreografi dari 'Say My Name' untuk salah satu babak 'Street Man Fighter'.

WowKeren - Dugaan bahwa leader We Dem Boyz atau WDBZ, Vata melakukan plagiat semakin ramai. Hal ini usai ATEEZ diduga terang-terangan memberikan sindiran kepada Vata di panggung KCON Saudi Arabia 2022.

Kini, giliran koreografer pencipta koreografi "Say My Name" ATEEZ yakni Anze Skrube yang ikut bicara. Ia mengungkapkan bahwa koreografi miliknya telah digunakan. Anze Skrube pun membeberkan bahwa seharusnya melakukan "copy sign" untuk menunjukkan gerakan tersebut milik orang lain dan menghindari plagiat.

"Seorang koreografer dari acara kompetisi Korea, Street Man Figther, telah memplagiat gerakan traveling dari koreografi Say My Name ATEEZ (yang telah dibuat di 2019)- koreografer ini bernama Vata. Dia klaim bahwa itu koreografi original dan baru. Atiny (fans ATEEZ) yang pertama menemukan bahwa ini memiliki kemiripan yang ekstrim dari dua dance ini dan kini viral di Korea serta bahkan tersebar di fans Barat," beber Anze Skrube melalui akun Instagran pribadinya kemarin, Senin (10/10).

"Kami menyadari jika anggota ATEEZ WooYoung telah melihat dari panggung terbaru kurang dari seminggu lalu, terutama kemarin pagi menunjukkan kode 'biting' untuk menunjukkan bahwa gerakan tersebut ditiru/dicuri. Tidak tahu apa yang akan kamu ucapkan atau lakukan di akhirnya tapi aku berpikir aku ingin kamu mempertimbangkan ini bukan sekadar sebuah fandom yang menyadari, tapi para anggotanya juga menyadarinya," lanjut Anze Skrube.


Pernyataan koreografer ATEEZ terkait dengan plagiat Vata

Sumber: Instagram

Koreografer ternama tersebut juga menunjukkan pesan yang dikirim kepadanya bahwa ia mendapatkan informasi bahwa gerakan dance ciptaannya telah dicuri. Ia juga mengungkapkan bahwa Vata tidak menghormati Josh Smith, Anze Skrube, dan Johnny Erasme yang telah menciptakan koreografi bak menaiki motor tersebut.

Aze Skrube juga tampak membagikan beberapa unggahan penggemar yang menemukan kemiripan koreografi Vata dan miliknya. Salah satu akun fanbase K-Pop Indonesia juga dibagikan oleh koreografer ternama dunia tersebut. Selain itu, saat ini Aze Skrube telah pin unggahannya di Januari 2019 yang menunjukkan pembuatan koreografi "Say My Name".

Sementara itu, hingga saat ini pihak Vata atau "Street Man Fighter" masih belum memberikan pernyataan terkait dengan dugaan plagiasi ini. Para penggemar pun ramai menuntut agar pihak bersangkutan angkat bicara.

(wk/alfa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait