Ivan Gunawan Ternyata Tak Cuma Bangun Masjid di Uganda Afrika
Instagram/ivan_gunawan
Selebriti

Ivan Gunawan membeberkan proses pembangunan Masjid miliknya di Uganda, Afrika. Ia juga menyebutkan tentang adanya rencana pembangunan lain yang tak kalah bikin berdecak kagum.

WowKeren - Desainer kondang Ivan Gunawan diketahui tengah melakukan aksi mulia yakni membangun sebuah Masjid. Tak tanggung-tanggung, desainer sekaligus host yang akrab disapa Igun ini membangun sebuah Masjid di Butanjwa Holma, Uganda Barat, Afrika Timur. Kini Igun membeberkan seberapa jauh proses yang sudah dilakukan dalam pembangunan Masjid tersebut.

Namun pada kesempatan ini justru terkuak fakta lain yang tak kalah bikin berdecak kagum. Bagaimana tidak, Igun rupanya tak cuma membangun Masjid saja di Uganda. Namun ia mengungkapkan adanya rencana mulia lain.

Igun menjelaskan jika ia berencana juga membangun fasilitas lain untuk masyarakat di sana. Misalnya seperti fasilitas air bersih. Tentunya Igun berharap beragam fasilitas yang dibangunnya tersebut akan bermanfaat bagi warga di sana.

"Bukan hanya masjid yang aku bangun, tapi juga membangun fasilitas masyarakat lain seperti air bersih, dan insyaAllah akan berkembang ke perumahan," ungkap Ivan Gunawan kepada rekan media di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Ekonomi dan Kreatif pada Rabu (26/10).

Sementara itu mengenai perkembangan pembangunan Masjidnya, Igun menyebut jika kini tempat ibadah tersebut sudah bisa difungsikan. Menurutnya pembangunan sudah mencapai angka 80 persen. Masjid yang bisa menampung hingga 400 jamaah ini diharapkan Igun akan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya.


"Masjidnya akan bisa menampung sekitar 400 jemaah di sana. Harapannya pembangunan masjid bisa bermanfaat buat masyarakat di sana dan bisa dipakai buat beribadah dan mendekatkan diri lebih sama Allah," tuturnya.

Igun lantas menjelaskan lebih jauh mengenai Masjid yang dibangunnya termasuk alasan di baliknya. Igun menyebut jika di Uganda banyak masyarakat yang memeluk agama Islam. Namun sayangnya mereka masih tak memiliki banyak fasilitas yang memadai termasuk untuk tempat ibadah.

Igun bersyukur ia mengetahui adanya warga Indonesia yang melakukan gerakan sosial di sana. Hal ini yang kemudian menginspirasinya untuk membangun Masjid di Uganda, Afrika Timur ini.

"Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi mereka kan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana," ungkap Ivan Gunawan. "Gak cuma masjid. Baju Muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim di sana," sambungnya.

Selain itu, Igun juga memiliki nazar. Karena itu ia bahagia bisa sekaligus membayar janji yang dimilikinya tersebut dengan membangun Masjid di Uganda ini. "Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid. Dan hal itu bisa terwujud," tutupnya.

(wk/sept)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait