Momen Kesadaran, Kisah Suga BTS Kembali Jadi Penyemangat Pejuang CSAT 2023
Instagram/agustd
Selebriti

Suga BTS pernah menceritakan pengalamannya mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Dalam rangka CSAT 2023, nasihat beserta pengalaman Suga dalam ujian kembali dijadikan sumber semangat.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, BTS memberikan semangat pada peserta Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi atau College Scholastic Ability Test (CSAT) 2023. Seiring dengan momen besar untuk para lulusan SMA, pengalaman Suga mengikuti CSAT kembali dijadikan acuan.

Suga pernah membagikan pengalamannya menjelang CSAT 2015. Meski sudah bertahun-tahun berlalu, kisah Suga masih dilirik sebagai acuan penyemangat para pejuang CSAT 2023.

Melalui Twitter resmi BTS, Suga menceritakan tenang momen dirinya mengambil tes jauh dari orangtua. Namun kala itu, ada member BTS yang ada bersamanya semasa menjadi trainee. Bukan hanya kotak makan siang, member BTS juga memberikan surat di kertas A4 untuknya.

"Aku bolak-balik selama berjam-jam karena aku tidak bisa tidur dan aku mendengar suara kacau di luar. Aku tahu para member sedang mengemas kotak makan siang. Aku ingin pergi ke kamar mandi, tapi para member terus memeriksa untuk memastikan aku tidur dari waktu ke wakti, jadi aku pura-pura tidur nyenyak," beber Suga.

Kala itu, Suga mendapatkan kotak makan siang berisi dada ayam, sosis Wina, dan telur gulung. Meski dada ayamnya keras, ia sangat menikmatinya.

"Aku bahkan tidak tertarik untuk belajar sejak berusia 17 tahun, tapi aku bahkan gugup. Bahkan aku sangat gugup, seberapa gugupnya kalian?" kata Suga.


Meski tidak tertarik belajar, Suga tetap merasakan gugup menjelang CSAT. Bahkan ia sampai tidak bisa tidur nyenyak dan berpura-pura pulas di hadapan para member lain.

Setelah melalui CSAT, Suga bertanya-tanya apakah kehidupan sekolah selama 12 tahunnya berakhir. Seperti diketahui, tes tersebut digunakan sebagai penentuan masuk perguruan tinggi setelah 12 tahun sekolah dari SD, SMP, dan SMA.

Yang lebih menghangatkan hati, Suga memberikan masukan untuk para pejuang CSAT. Ia meminta agar para peserta tidak lupa untuk bermain karena ketika sudah dijalani, usia 20-an menurutnya tidak jauh berbeda.

"Nikmati ujian masuk perguruan tinggi dan bermainlah sepuasnya. Apakah kamu tahu cara bermain atau tidak, kamu telah berkompetisi selama 12 tahun, jadi kalian harus bermain. Kamu masih di bawah umur, jadi jangan minum," pesan Suga.

Terakhir, Suga memberikan bocoran tentang kehidupan di usia 20 tahun. Rupanya apa yang selama ini pemilik nama Min Yoongi itu kira soal CSAT dan kehidupan tidak seperti bayangan.

"Kupikir ketika aku berusia 20 tahun, hidupku akan sangat spektakuler dan menyenangkan. Tapi ternyata tidak. Baik ujian masuk perguruan tinggi maupun memasuki usia 20 tahun bukan hal istimewa. Ini benar-benar bukan apa-apa. Jadi jangan grogi, jangan grogi dan kerjakan semaksimal mungkin," tutup Suga.

Sementara itu, ulasan Suga tentang ujian masuk perguruan tinggi menjadi motivasi setiap tahunnya. Selain menghibur, banyak yang mengaku menemukan kenyamanan di sana.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait